Habibie Wafat, SBY Mengaku Kembali Kehilangan Orang Terdekat

Kamis, 12 September 2019, 10:34 WIB
Laporan: Jamaludin Akmal

SBY melayat Habibie/RMOL

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku kehilangan sosok yang penting bagi dirinya atas wafatnya Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Menurut SBY, Habibie bukan hanya bapak reformasi dan bapak demokrasi, melainkan bapak teknologi.

"Hari ini Bangsa Indonesia berduka dan kita kehilangan lagi salah satu putra terbaik bangsa Bapak Habibie," ucap SBY kepada wartawan usai takziah di rumah duka, Jalan Patra Kuningan VIII, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

"Saya memiliki kedekatan secara pribadi, baik sebelum beliau menjadi presiden, terutama di era reformasi juga setelah saya menjadi presiden dan bahkan ketika kami berdua tidak lagi berada di pemerintahan," tambahnya.

Bahkan, SBY mengaku kembali berasa kehilangan setelah istrinya Ani Yudhoyono dan ibunya Siti Habibah wafat beberapa waktu lalu. Kata SBY, dia semakin dekat dengan Habibie setelah Ani Yudhoyono wafat.

"Oleh karena itu secara pribadi saya sungguh kehilangan, tetapi saya yakin bahwa keputusan Allah SWT inilah keputusan terbaik. Saya sebagai sahabat beliau, adik beliau ikut mendoakan semoga Pak Habibie hidup tenang di sisi Allah SWT, itu saja para sahabat terima kasih," pungkasnya.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, SBY bertakziah ke rumah duka BJ Habibie ditemani oleh dua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ibas Yudhoyono juga dua menantunya. Mereka hadir sekitar pukul 09.30 WIB dan keluar dari rumah duka sekitar pukul 09.40 WIB.

BJ Habibie meninggal dalam usia 83 tahun. Habibie meninggal pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta

Almarhum akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta persis di sebelah makam Ibu Ainun Habibie. Makam ini sudah dipersiapkan Habibie sejak Ibu Ainun meninggal dunia tahun 2010 lalu.

Kolom Komentar


Video

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar

Jumat, 13 September 2019
Video

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Sabtu, 14 September 2019
Video

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Senin, 16 September 2019