DPR Tanya Dasar Saut Jumpa Pers Soal Firli, Alex Marwata: Saya Nyatakan Tidak Ada!

Kamis, 12 September 2019, 14:45 WIB
Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Capim petahana KPK Alex Marwata saat menjalani fit and proper test/RMOL

Komisi III DPR RI mencecar calon pimpinan yang juga Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata soal jumpa pers Wakil Ketua KPK Saut Situmorang soal pernyataan dugaan pelanggaran etik berat Irjen Firli Bahuri saat menjabat Deputi Penindakan KPK.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond Junaidi Mahesa mempertanyakan landasan Saut dalam memberi pernyataan soal Firli yang saat ini lolos sebagai salah satu dari sepuluh capim KPK.

"Ada putusan nggak yang memperkuat atau pernyataan Pak Saut kemarin, ini kan aneh, ini tolong dijelaskan," ujar Desmond di Ruang Komisi III, Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9).

"Kalau dari surat pimpinan yang menghukum yang bersangkutan tidak ada, saya nyatakan itu tidak ada," tegas Alex menjawab pertanyaan Desmond.

Alex juga menegaskan, dalam rapat Pimpinan KPK disepakati bahwa kasus Firli dihentikan. Sementara, posisi Firli saat itu dalam hal Deputi Penindakan diberhentikan dengan hormat dan yang bersangkutan dikembalikan kepada institusi asalnya, yaitu Polri.

"Surat yang dikeluarkan pimpinan terkait Pak Firli itu adalah diberhentikan dengan hormat, itu untuk mengembalikan yang bersangkutan ke kepolisian," tukasnya.

Kolom Komentar


Video

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar

Jumat, 13 September 2019
Video

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Sabtu, 14 September 2019
Video

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Senin, 16 September 2019