Jokowi: Habibie Tidak Kenal Lelah Berpikir Indonesia Bisa Lepas Landas

Kamis, 12 September 2019, 16:03 WIB
Laporan: Raiza Andini

Jokowi di makam Habibie/Net

Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan terakhir di depan pusara mendiang Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/8).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa BJ Habibie merupakan orang yang selalu memikirkan bangsa Indonesia. Bahkan sebelum meninggal dunia, Habibie mengingatkan agar Indonesia memiliki sumber daya manusia yang kokoh dengan agama dan ilmu pengetahuan.

“Bahkan di masa senjanya, almarhum tanpa kenal lelah terus mengingatkan kita semua untuk menjadi manusia-manusia terbaik bagi Indonesia, menjadi manusia-manusia yang selalu berhati Indonesia,” ujar Jokowi.

“Beliau terus mengingatkan, tentunya (tentang) sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk diisi dan dikuatkan dengan agama, dengan ilmu pengetahuan dan dengan kebudayaan,” lanjutnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan bahwa Habibie tidak hanya berpikir tentang apa yang akan terjadi di Indonesia saat ini dan dua tahun mendatang. Tapi, turut berpikir untuk membangun masa depan Indonesia 50 tahun mendatang.

“Bahkan untuk 100 tahun ke depan, untuk Indonesia bisa lepas landas menjadi Indonesia maju,” katanya.

Dari visi Habibie itulah, lanjut Jokowi, lahir industri strategis di Indonesia dari dedikasi beliau yang berbasiskan riset dan teknologi.

Dari tangan Habibie telah lahir pesawat Gatotkaca yang mengudara pada peringatan 50 tahun kemerdekaan Indonesia.

“Sebuah peristiwa bersejarah yang tertanam dalam benam banyak rakyat Indonesia, menginspirasi kita untuk percaya diri, menginspirasi anak-anak muda untuk bangkit dan belajar untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang berdiri sejajar dengan negara-negara besar di dunia,” ucapnya.

Habibie juga merupakan presiden pertama di Indonesia paling cepat dan telah memberikan banyak perubahan kepada bangsa Indonesia.

“Kita juga tidak akan pernah lupa ketika beliau menjadi Presiden Republik Indonesia yang saat itu almarhum dengan cepat telah meletakkan serta menguatkan pondasi demokrasi Indonesia yang kita semua turut menikmatinya saat ini,” tandasnya.

Kolom Komentar


Video

Petugas, Warga Dan Alber Berjibaku Singkirkan Material Longsor

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Belajar Dari Youtube, Montir Tamatan SD Rakit Pesawat Terbang

Jumat, 17 Januari 2020
Video

Dewas TVRI Pecat Dirut Helmy Yahya, Maladministrasi Pembelian Program Siaran Liga Inggris

Jumat, 17 Januari 2020