Mbak Rachma Terkenang Habibie Memuliakan UBK

Kamis, 12 September 2019, 21:59 WIB
Laporan: Raiza Andini

Rachmawati Soekarnoputri/Net

Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri mempunya kenangan tersendiri dengan sosok Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Kenangan itu bukan tanpa alasan. Rachmawati kemudian menceritakan bahwa dirinya telah mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno di tahun 1981. Yayasan ini kemudian berupaya mendirikan Universitas Bung Karno (UBK) di tahun 1983 dalam rangka membangun “nation and character building” yang dicetus pendiri bangsa, Soekarno.

Namun pendirian itu bertepatan itu dengan kampanye desoekarnoisasi. Hasilnya, pemerintah tidak memberikan izin operasi pada UBK.

“Waktu itu saya mendirikan Universitas Bung Karno, tetapi 16 tahun waktu itu tidak diperbolehkan beroperasi,” terangnya saat ditemui di rumah duka BJ Habibie, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Setelah rezim Soeharto tumbang, Habibie kemudian memberi izin UBK untuk beroperasi di tahun 1999. Bahkan Habibie memuliakan UBK dengan melakukan pelantikan dan peresmian di Istana Negara.

“Beliau memberikan izin dan UBK satu-satunya universitas yang dilantik atau diberikan sebagai peresmian di Istana Negara istana merdeka. Itu yang berkesan,” tegasnya.

Pada tahun 2011 lalu, UBK juga memberikan penghargaan kepada Habibie sebagai penerima Soekarno Award, yang digelar untuk peringati 100 tahun hari lahir Bung Karno.

“Beliau penerima Soekarno Award di samping ada beberapa kepala negara, antara lain juga Tun Mahatir Muhammad,” pungkas Mbak Rachma, sapaan akrabnya.

Kolom Komentar


Video

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Kamis, 12 September 2019
Video

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar

Jumat, 13 September 2019
Video

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Sabtu, 14 September 2019