Firli Bahuri Banjir Pujian, Tiga Fraksi Nyatakan Siap Dukung

Kamis, 12 September 2019, 22:21 WIB
Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Irjen Firli Bahuri di Komisi III DPR/Net

Calon pimpinan KPK, Irjen Firli Bahuri mendapat banjir pujian dari anggota Komisi III DPR dalam uji kelayakan dan kepatutan. Bahkan, beberapa anggota telah menyatakan fraksinya siap mendukung Kapolda Sumsel itu menjadi pimpinan.

Pertama yang sudah menyampaikan dukungan adalah anggota Fraksi PKB, Anwar Rachman. Dia menyatakan siap mendukung Firli dengan sebuah syarat.

Salah satunya syaratnya adalah dapat menyelesaikan “konflik” yang terjadi di internal KPK. Anwar menyinggung keberadaan Wadah Pegawai KPK yang dianggap bikin gaduh.

Selain itu, Anwar menanyakan apakah Firli menyetujui keberadaan dewan pengawas di KPK. Seperti yang tengah dimasukkan dalam draf revisi UU KPK. Jika syarat beberapa poin tersebut disanggupi, maka PKB siap mendukung.

"PKB siap all out dukung bapak kalau sanggup, kalau nggak sanggup PKB dukung yang lain," ujar Anwar di Ruang Komisi III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9).

Selain itu, Fraksi PAN juga menyatakan bakal mendukung Firli. Hal tersebut disampaikan oleh Wa Ode Nur Zainab. Dia menyebut hal tersebut sebelum memberikan sejumlah pertanyaan terkait SOP KPK sampai memuji kepolisian telah bekerja optimal.

"Kami dari Fraksi PAN satu suara untuk bapak," kata Wa Ode.

Nasdem pun demikian. Jackie Uly yang memiliki latar belakang sama dengan Firli di Polri, memuji cara Firli memaparkan visi misi di hadapan Komisi III.

Dia juga membela Firli yang mendapat arus pertentangan publik karena masalah etik. Kata Jackie justru Firli dapat mengayomi internal KPK.

"Kami Nasdem dukung pak Firli, untuk maju terus jadi capim KPK pada malam hari ini juga. Masukan kami ini tolong pak Firli pikirkan baik-baik, bisa membuat KPK lebih baik di masa yang akan datang," kata dia.

Kolom Komentar


Video

Celoteh Jokowi Tidak Ada Kebakaran Hutan Faktanya Nol Besar

Jumat, 13 September 2019
Video

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Sabtu, 14 September 2019
Video

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Senin, 16 September 2019