Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Pesan Almarhum Habibie Yang Belum Tersampaikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 13 September 2019, 03:22 WIB
Ada Pesan Almarhum Habibie Yang Belum Tersampaikan
Almarhum Habibie saat dirawat di RS/Repro
rmol news logo Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie sempat mengumpulkan beberapa tokoh bangsa saat dirinya terbaring di rumah sakit.

"Ada lima orang dipanggil khusus. Pak Quraish Shihab, Pak Malik Fajar, kemudian Pak Wardiman Joyonegoro lalu saya. Kemudian Pak Sofyan Efendi. Kami berlima dipanggil sebelum dia ditidurkan dengan alat,” ungkap Jimly Asshiddiqie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Kamis (12/9).

Dalam pertemuan tersebut, Eyang Habibie hendak memberikan pesan khsusus kepada mereka. Namun demikian, Jimly mengaku pesan yang dimaksud belum sempat tersampaikan lantaran suami almarhumah Hasri Ainun Habibie itu ditidurkan oleh dokter karena kondisinya menurun.

“Kata stafnya, ada yang mau dia (Habibie) sampaikan tapi enggak sempat,” ucapnya.

Keesokan harinya tepat di hari Senin, Jimly, Wardiman, Sofyan Effendi, dan Malik Fajar kembali ke rumah sakit tanpa Quraish Shihab karena masih berada di Makassar.

Saat itu, kata dia, Habibie sudah dalam keadaan sadar namun tak bisa berbicara lantaran lemah. Peristiwa mengharukan terjadi saat Kiai Quraish menyusul ke RSPAD.

"Begitu dia ketemu Pak Quraish, keluar air mata. Dia (Habibie) ngerti tapi sudah enggak bisa komunikasi,” ucapnya.

Jimly pun belum mendapatkan pesan terakhir Habibie kepadanya karena Wapres ketujuh itu menghembuskan napas terakhirnya. Beruntung, sebelumnya Jimly sempat berbicara bersama Habibie selama setengah jam sebelum memasuki masa kritis.

“Jadi pesannya itu belum sampai ke kami. Sehari sebelumnya, saya dipanggil dan bicara banyak sekali, Terlalu semangat ngomong, ya itulah semangat hidupnya sampai distop dokter," tegasnya.

"Jadi pelajaran bagi generasi sekarang, jangan pernah berhenti memikirkan dan mencintai Indonesia,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA