Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masinton: Saut Situmorang Mundur Karena Gagal Jegal Firli Bahuri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 13 September 2019, 12:55 WIB
Masinton: Saut Situmorang Mundur Karena Gagal Jegal Firli Bahuri
Masinton Pasaribu/Net
rmol news logo Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dikabarkan mundur dari jabatannya usai Komisi III DPR memilih Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK. Selain Saut, penasihat KPK Tsani Annafari diketahui sudah mengundurkan diri terlebih dahulu.

Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mengaku kabar tersebut biasa saja. Pasalnya, dua nama itu rajin menyerang Firli sejak awal pemilihan capim KPK.

"Kan mereka yang paling getol menyerang Pak Firli. Lalu mereka merasa misinya enggak berhasil ya mengundurkan diri," ujar Masinton kepada wartawan, Jumat (13/9).

Diketahui, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang memilih mundur berselang beberapa jam usai Komisi III DPR memilih lima orang pimpinan KPK yang baru periode 2020-2024 dengan Firli sebagai ketua.

Keputusan itu, Saut sampaikan melalui surat elektronik yang dilayangkan kepada seluruh pegawai KPK di Jakarta, Jumat (13/9). Keputusan Saut ini menyusul penasihat KPK Tsani Annafari yang lebih dulu menyatakan mundur yang juga ia umumkan melalui surel.

"Saya keluar untuk menjaga semangat, dan sebelum pimpinan dilantik maka saya akan langsung mundur," kata Tsani.

Tsani mengatakan, pengunduran diri itu melalui surat elektronik (e-mail) kepada seluruh pegawai KPK. Tsani sebelumnya sudah sempat menyatakan akan mengundurkan diri bila ada orang yang cacat etik terpilih sebagai pimpinan KPK 2019-2023. Hingga kemudian disusul keputusan Saut yang juga menyatakan mundur.

Pengunduran diri Saut juga disampaikan kepada seluruh pegawai KPK di Jakarta melalui surat elektronik atau surel yang beredar.

"Saudara saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK-terhitung mulai Senin 16 September 2019," kata Saut dalam surat elektroniknya yang beredar dan ditujukan kepada para pegawai KPK.

Dalam email tersebut, Saut juga mengatakan masih ada dua kegiatan lagi di Yogyakarta pada Sabtu-Minggu, 14-15 September 2019 untuk Jelajah Dongeng antikorupsi

"Terlebih dahulu, saya mohon maaf sekaligus mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pimpinan KPK jilid IV (Bunda BP, Bro Alex M, Bro LM Syarif, dan Pak Bro Ketua Agus R) struktural, staf, security, semua OB yang membersihkan ruangan saya setiap hari dan yang membantu menyiapkan makanan," tulis Saut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA