Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Firman Soebagyo: Karhutla Terjadi Karena Karakter Lahan Di Indonesia Gambut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 15 September 2019, 18:26 WIB
Firman Soebagyo: Karhutla Terjadi Karena Karakter Lahan Di Indonesia Gambut
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan memberikan dampak jerugian ekonomi, sosial masyarakat. Khususnya di Riau, sejauh ini kualitas udara di Riau sangat buruk, bahkan negara tetangga merasakan asap kiriman di Indonesia.

Anggota Fraksi Partai Golkar Firman Subagio menyatakan, pemerintah harus melihat dua hal dalam merancang mitigasi atau pencegahan terhadap kejadian kebakaran hutan dan lahan yang terjadi setiap tahun.

"Kebakaran hutan ini kan pertama juga sebab akibat dari ulah manusia dan kedua karena faktor alam," ujar Firman Soebagyo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (15/9).

Khusus soal faktor alam, kata Firman, hal tersebut sangat dipengaruhi kondisi hutan Indonesia yang didominasi oleh gambut atau semak semak.

Menurutnya, dalam kondisi kemarau berkepanjangan. Lahan gambut akan menjadi kering dan rentan adanya percikan api dari gesekan ranting.

"Khususnya karakteristik gambut khususnya, itu setiap menghadapi musim kering itu akan terjadi pergesekan-pergesekan dan itu ada letupan api," jelasnya.

Firman menambahkan, percikan yang terjadi berakibat menjadikan api yang bisa membesar. Sejauh ini Firman menyebutkan Indonesia belum memiliki peralatan canggih.

"Kita ini belum mempunyai peralatan yang secanggih di negara maju," tukasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA