Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pantau Titik Api Karhutla Riau, TNI Terjunkan Drone Saat Malam Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 15 September 2019, 20:24 WIB
Pantau Titik Api Karhutla Riau, TNI Terjunkan Drone Saat Malam Hari
Marsekla TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Tito Karnavian saat meninjau lokasi karhutla/Ist
rmol news logo Kebakaran hutan dan lahan tahun ini sangat merugikan berbagai pihak, mulai dari masyarakat bahkan tetangga. Semua elemen pemerintah sedang berupaya mengatasi kejadian tahunan tersebut.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, menyatakan akan menerbangkan drone pada malam hari untuk memantau  titik-titik api yang menjadi lokasi kebakaran hutan. Tujuannya, membantu mempermudah melihat titik-titik api yang tidak terpantau pada siang hari.

"“Saya telah menyampaikan kepada Kepala BNPB bahwa TNI akan menerbangkan drone,” ucap Hadi saat meninjau karhutla di Komplek Ladang Minyak Pertamina Hulu Energi Kampar, Pelelawan, Provinsi Riau, Minggu (15/9).

Hadi menambahkan, dengan penerjunan drone pada malam hari, proses mitigasi perluasan karhutla benar-benar dicegah secara efektif.

“Dengan menggunakan drone akan mempermudah proses mitigasi lokasi kebakaran hutan, karena lokasi yang tidak terpantau pada siang hari dan sore hari dapat terlihat dengan jelas pada malam hari,” tambahnya.

Selain itu, Hadi Tjahjanto menyatakan hingga saat ini jumlah titik-titik api di wilayah Riau mengalami penurunan yang sangat signifikan dan hingga hari ini terpantau hanya 44 hotspot (titik api).

“Kalau kita mengukur hasilnya adalah untuk hotspot sudah mulai turun, dan kalau kita lihat juga secara visual bahwa untuk asap yang ada di Pekanbaru sendiri saat ini sudah menurun dan terbukti jarak pandang penerbangan saat ini sudah mulai naik,” terangnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA