Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Doni Monardo: 80 Persen Lahan Terbakar Berubah Jadi Kebun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 18 September 2019, 03:53 WIB
Doni Monardo: 80 Persen Lahan Terbakar Berubah Jadi Kebun
Doni Monardo/Net
rmol news logo Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan terjadi bukan tanpa disengaja.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo memastikan bahwa 99 persen kebakaran terjadi karena ulah manusia. Data itu diperoleh Doni setelah berkeliling ke lima provinsi yang kerap terdampak karhutla.

“Saya kumpulkan sejak awal Februari, sejak tiga minggu dilantik. Saya berkeliling ke lima provinsi terdampak,” terangnya dalam acara Indonesia Lawyers Club yang disiarkan TV One, Selasa (17/9) malam.

Mantan Danjen Kopassus itu memastikan bahwa datanya juga didukung hasil penelitian sejumlah lembaga dan perguruan tinggi.

Sementara berdasarkan pengamatannya melalui helikopter di provinsi terdampak mendapat kesimpulan yang menarik, yaitu mayoritas lahan yang terbakar akan berubah jadi kebun pasca kebakaran.

“Saya ambil kesimpulan 80 persen lahan terbakar pada akhirnya berubah jadi kebun,” tegasnya.

Dia memastikan tidak ada kebun sawit dan hutan industri yang terbakar. Kebakaran, katanya, hanya menyasar semak belukan dan lahan yang bukan industri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA