Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Ada Utang Piutang Korupsi, Silakan Hubungi Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 18 September 2019, 08:50 WIB
Jika Ada Utang Piutang Korupsi, Silakan Hubungi Jokowi
Aksi massa di KPK/RMOL
rmol news logo Ratusan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Koalisi Masyarakat Sipil hingga mahasiswa menggelar aksi bertajuk 'Pemakaman KPK' di lobby Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa malam (17/9).

Teaterikal menabur bunga di atas nisan bertuliskan 'R.I.P KPK' turut menghiasi aksi massa. Hal itu sebagai bentuk protes mereka kepada presiden dan DPR yang telah mengesahkan revisi UU 30/2022 tentang KPK. Revisi tersbut dinilai akan melemahkan bahkan mematikan lembaga antirasuah.

Teaterikal tabur bunga pada pusara replika dilakukan layaknya prosesi pemakaman. Ada pesan yang disampaikan massa kepada publik layaknya pihak keluarga yang ditinggalkan, seperti soal utang piutang almarhum.

"Kami sebagai keluarga besar masyarakat antikorupsi di Indonesia ingin menyampaikan apabila ada hal-hal terkait utang piutang pemberantasan korupsi, yang terhambat akibat revisi UU KPK diketok palu, silakan anda menghubungi keluarga kami yang akan diwakili oleh bapak kami, Jokowi," ujar salah seorang peserta aksi.

Sebagai kritik terhadap presiden dan DPR RI, massa juga menyanyikan lagu Gugur Bunga. Sempat terjadi insiden kecil antara massa dan aparat kepolisian yang meminta pengeras suara dimatikan. Adu mulut pun tak terhindari.

Namun, kejadian tersebut tak berlangsung lama setelah polisi diteriaki oleh peserta aksi dan meninggalkan lokasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA