Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Pilwalkot Medan: Petahana Rawan Digeser Kuda Hitam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 18 September 2019, 13:00 WIB
Survei Pilwalkot Medan: Petahana Rawan Digeser Kuda Hitam
Walikota Medan, Dzulmi Eldin/Net
rmol news logo Indonesia Development Monitoring (IDM) menggelar survei terhadap kandidat kuat dalam Pilwakot Kota Medan 2020 mendatang.

Berdasarkan survei yang digelar 9-17 September 2019, sosok petahana, Dzulmi Eldin rawan tergeser.

"Elektabilitas petahana Wali Kota Medan Dzulmi Eldin memang masih tinggi, namun tingkat elektabilitas sebesar 11,7 persen dan masih di bawah 50 persen. Artinya incumbent belum aman," tutur Koordinator IDM Kota Medan, Hendro Nugraha melalui siaran persnya, Rabu (18/9).

Tak hanya itu, tingkat kepuasan responden terhadap pemerintah Kota Medan dalam setahun terakhir berada di angka 56,8 persen.

"Masyarakat menilai ada kemunduran dari aspek pembangunan di Kota Medan dibandingkan Ibukota Provinsi di Sumatera," katanya.

Hasil ini tentu membuka peluang bagi kandidat calon lainnya, seperti Maruli Siahaan, Ihwan Ritonga, Dahnil Anzar Simanjuntak, dan Bobby Afif Nasution yang dianggap sebagai kuda hitam.

Dari jajak pendapat yang melibatkan 1.225 warga kota Medan, mantan Anggota Polri, Maruli Siahaan dikenal oleh 82,1 persen responden.

Di posisi kedua ada Dzulmi Eldin, kemudian Bobby Afif Nasution yang merupakan menantu Presiden Joko Widodo. Setelah itu muncul nama Wakil Wali Kota saat ini, Akhyar Nasution dan Dahnil Anzar Simanjuntak.

"Berdasarkan survei IDM tingkat elektabilitas Dzulmi Eldin 11,7 persen, kemudian Maruli Siahaan 12,7 persen, Dahnil Anzar Simanjuntak 8,4 persen, disusul Ihwan Ritonga 8,1 persen, HT Bahrumsyah 5,2 persen, Bobby Nasution 5,1 persen, dan Akhyar Nasution 3,6 persen," tandasnya.

Selanjutnya ada Salman Alfarizi 2,3 persen, Sutrisno Pangaribuan 2,1 persen, Dedi Iskandar Batubara 1,2 persen, Abyadi Siregar 1,1 persen, Edy Ikhsan 0,9 persen, Datuk Saiful Azhar 0,7 persen, dan belum menentukan pilihan sebanyak 36,9 persen.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling, dari jumlah populasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Medan pada Pemilu 2019 yaitu 1.621.917 pemilih yang tersebar di 21 kecamatan di 148 Kelurahan di Kota Medan.

Survei ini memiliki margin of error +/- 2,8 % dengan tingkat kepercayaan 95 %. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA