Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS Ingin Pemerintah Serius Terapkan Konsep Manajemen Hutan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 19 September 2019, 03:38 WIB
PKS Ingin Pemerintah Serius Terapkan Konsep Manajemen Hutan
Mardani Ali Sera/Net
rmol news logo Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di tahun ini tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat per September 2019 ada sebanyak 328,7 ribu hektare area hutan dan lahan yang terbakar. Sementara titik api mencapai 2.719.

“Sumatera dan Kalimantan jadi lokasi yang paling banyak terjadi,” ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera dalam akun Twitter pribadinya, Rabu (18/9).

Menurutnya, semua itu terjadi lantaran aspek pencegahan tidak berjalan. Pemerintah perlu melakukan pembenahan yang menyeluruh dan sistematis, mulai dari hulu hingga hilir terhadap semua aspek kehutanan. Salah satu caranya yaitu menerapkan konsep manajemen hutan dengan sungguh-sungguh.

“Di era sekarang, konsep manajemen hutan telah berkembang menjadi sangat kompleks. Hal ini dikarenakan luas dan potensi hutan semakin menurun, sedangkan kebutuhan sumber daya hutan semakin meningkat,” terangnya.

Manajemen hutan juga berfungsi untuk menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat seperti pengakuan hak-hak adat dan pembagian distribusi manfaat hutan yang semakin merebak.

Mardani menekankan bahwa keutuhan fungsi ekosistem dan keberlanjutan harus menjadi prioritas. Selain itu, dampak pembangunan terhadap lingkungan harus menerapkan sistem analisis mengenai dampak Iingkungan.

“Konsep manajemen hutan perlu menjunjung tinggi nilai-nilai transparan, akuntabel, koordinatif, dan inklusif. Diharapkan mampu menciptakan sense of belonging yang tinggi mengenai hutan baik dari masyarakat, pemerintah, sampai pengusaha,” tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA