Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menggagalkan Pelantikan Presiden Tak Semudah Yang Dibayangkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 19 September 2019, 11:46 WIB
Menggagalkan Pelantikan Presiden Tak Semudah Yang Dibayangkan
Sekjen ProDem, Satyo Purwanto/RMOL
rmol news logo Rencana beberapa pihak yang ingin menggagalkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober nanti tak akan mudah.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Pro Demokrasi (ProDem) Satyo Purwanto. Menurutnya, menggagalkan pelantikan presiden terpilih tidak bisa tercapai begitu saja. Karena kata Satyo semuanya sudah memiliki mekanisme.

"Semua sudah ada mekanismenya, kalau bicara soal legalitas politik formal sudah ada prosedur dan aturannya, regulasi dan Undang-Undangnya segala macam. Kalau ada celah dalam regulasi tersebut ya mungkin aja (terjadi)," ucap Satyo kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (19/9).

Satyo berujar, upaya tersebut bisa tercapai ketika ada kekuatan yang besar dari rakyat Indonesia. Namun, hingga saat ini ia menilai belum ada kekuatan yang mendukung hal itu.

"Saya melihat hari ini tidak ada peluang dan tidak ada prakondisi terhadap kekuatan yang extra ordinary itu," tegasnya.

Beberapa pihak belakangan ingin menggagalkan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2019 sebelum pelantikan. Salah satu yang gencar menggaungkan pengaggalan pelantikan adalah aktivis senior Sri Bintang Pamungkas.

Namun Satyo kembali menegaskan semuanya memiliki mekanisme.

"Ya kan enggak serta-merta menggugurkan pelantikan presiden kalau pun ada wacana dan keinginan seperti itu. Semua ada mekanisme," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA