Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Dewan Pengawas KPK, Andi Arief Jadi Teringat Andi Mallarangeng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 19 September 2019, 14:01 WIB
Soal Dewan Pengawas KPK, Andi Arief Jadi Teringat Andi Mallarangeng
Andi Arief dukung keberadaan Dewan Pengawas KPK/Net
rmol news logo Pembentukan Dewan Pengawas bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bagi sebagian pihak dinilai menjadi langkah maju bagi lembaga antirasuah tersebut. Sehingga KPK tak lagi jadi lembaga superbody tanpa limit.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Keberadaan Dewan Pengawas ini merupakan salah satu hal yang muncul dalam revisi Undang-undang KPK yang baru saja disahkan DPR. Dalam pandangan politikus Partai Demokrat, Andi Arief, keberadaan Dewan Pengawas justru bisa membuat KPK menjadi lebih kuat.

Ketika sudah berfungsi, Dewan Pengawas akan membuat KPK tak lagi jadi lembaga "tanpa sensor". Sehingga kejadian-kejadian buruk yang menimpa seseorang saat dijadikan tersangka, meski tidak memiliki bukti kuat, tak akan terjadi lagi.

"Saya teringat Andi Mallarangeng. Semua sadapan telpon, audit BPK, pemeriksaan saksi, rekening dia dan keluarga dibekukan, sampai putusan tidak ditemukan serupiah pun korupsi. Namun dia harus menjalani hukuman 4 tahun karena dianggap lalai. Nama baiknya tercoreng. KPK sedikit berdosa," ucap Andi Arief di laman Facebook-nya, Kamis (19/9).

Karena itu, Andi Arief pun sangat mendukung dibentuknya Dewan Pengawas bagi KPK. Dia pun memberi usulan siapa saja yang bisa mengisi posisi di Dewan Pengawas.

"Dewan Pengawas itu diisi oleh mantan Komisioner KPK, yang jumlah dan cara pemilihannya ditentukan atau dicari jalan yang disepakati," pungkas Andi Arief. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA