Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

70 Tahun Hubungan Diplomatik, Kemitraan Strategis RI-Tiongkok Dibalut Pesona Wonderful Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 24 September 2019, 09:44 WIB
70 Tahun Hubungan Diplomatik, Kemitraan Strategis RI-Tiongkok Dibalut Pesona Wonderful Indonesia
Prosesi Keruk Tumpeng secara resmi membuka Resepsi Diplomatik HUT RI ke-74, Beijing, 18 September 2019/Ist
rmol news logo Memasuki tahun 2020 mendatang, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Tiongkok akan memasuki usia ke-70 tahun. Sejauh ini, hubungan kedua negara berjalan dengan baik.

"Eratnya kemitraan dan persahabatan yang saling menguntungkan antara kedua negara adalah landasan yang kuat untuk semakin merekat persahabatan Indonesia-Tiongkok," kata Dubes RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (24/9).

Tiongkok merupakan salah satu mitra strategis utama. Tahun ini, kemitraan tersebut telah memasuki usia 6 tahun.

Adapun peningkatan kerja sama yang dilakukan dua arah ini di antaranya bidang perdagangan, investasi, dan wisatawan. Tercatat, nilai perdagangan dua arah pada tahun 2018 mencapai 72.67 miliar dolar AS dan merupakan nilai tertinggi sejak tahun 2012.

Investasi Tiongkok ke Indonesia saat ini terhitung sudah mencapai 2,4 miliar dolar AS dan jumlah turis Tiongkok ke Indonesia mencapai 2,14 juta orang.

Penguatan kemitraan juga tercermin dari penandatanganan MoU on Jointly Promoting Cooperation within the Framework of the Global Maritime Fulcrum Vision and the Belt and Road Initiative pada bulan Oktober 2018.

Pada (18/9), kedua negara menggelar resepsi diplomatik HUT ke-74 RI di Beijing. Dalam acara tersebut, hadir tamu kehormatan seperti Wakil Menteri Luar Negeri RRT, Yang Mulia Luo Zhaohui; Dirjen Asia Pasifik dan Afrika; Duta Besar Desra Percaya; Kepala Kantor Kerja Sama Militer Internasional, Kementerian Pertahanan RRT, Mayor Jenderal Xu Hongding; Perwakilan dari Kementerian Pariwisata, dan beberapa lainnya.

Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi sarana promosi Wonderful Indonesia dan mempertunjukkan keragaman budaya Indonesia dan kelezatan kuliner Indonesia. Tari Oryelalela dari Tanimbar, Maluku persembahan tim kesenian Indonesia menjadi tarian pengiring tamu kehormatan sekaligus pembuka acara yang memukau para hadirin.

Alunan musik tradisional memenuhi area foyer Imperium Ballroom Hotel Four Season Beijing yang dihiasi kain-kain Nusantara, lukisan karya Ibu Sih Elsiwi Handayani Oratmangun, serta display produk Indonesia menyambut para tamu undangan.

Sebelumnya juga telah diselenggarakan kegiatan Business Forum bertema 'Doing Business with Wonderful Indonesia' yang digelar pada pagi harinya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA