Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bambang Soesatyo Sibuk Hadapi Munas Golkar, Lahirlah RUU Kontroversial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 26 September 2019, 17:50 WIB
Bambang Soesatyo Sibuk Hadapi Munas Golkar, Lahirlah RUU Kontroversial
Diskusi FrontPage/RMOL
rmol news logo Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bisa jadi punya andil di balik gelombang demonstrasi mahasiswa dan pelajar beberapa hari ini. Andai saja Bambang Soesatyo lebih serius menjalankan tugasnya memimpin lembaga perwakilan rakyat itu, barangkali rakyat tidak sempat menumpahkan kekecewaan pada DPR RI.

Begitu antara lain disampaikan analis Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKopi) Hendri Satrio dalam diskusi bertajuk “Meraba Wajah Kabinet Jokowi Jilid Dua” yang diselenggarakan FrontPage Communication dan Kantor Berita Politik RMOL di Restoran Dua Nyonya, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Kamis (26/9).

“Ketua DPR sibuk mengurusi persiapan menuju Munas Golkar sehingga tidak fokus mengawal agenda legislasi di DPR,” ujar Hendri Satrio merujuk pada empat RUU yang diprotes masyarakat, khususnya mahasiswa dan pelajar, juga kaum wanita dan petani.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Litbang RMOL, Faisal Mahrawa, dalam kesempatan yang sama.

“Di DPR sudah ada Balegnas yang bertugas menyelesaikan RUU dan program legislasi nasional. Tetapi mengapa pembahasannya dilakukan di injury time. Apakah sudah ada negosiasi sebelumnya?” tanya Faisal.

“Atau, apakah karena Ketua DPR sibuk menghadapi Munas Golkar sehingga penyelesaian dan pembahasan RUU menjadi tidak fokus,” sambung Faisal.

Karena RUU yang kontroversial itu, sambungnya, berbagai elemen masyarakat jadi saling berhadapan, dan memicu konflik yang berpotensi melebar dan melemahkan.

“Kasihan polisi harus berhadapan dengan mahasiswa dan pelajar juga kelompok masyarakat lain yang tidak puas. Bahkan sempat berhadap-hadapan dengan Marinir,” kata Faisal lagi merujuk pada bentrokan polisi dan kelompok demonstran juga peristiwa penembakan Mess Pati TNI AL di Bendungan Hilir, Jakarta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA