Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Litbang RMOL: Kabinet Jilid II Jokowi Harus Bisa Kembalikan Persatuan Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 26 September 2019, 18:41 WIB
Litbang RMOL: Kabinet Jilid II Jokowi Harus Bisa Kembalikan Persatuan Rakyat
Peneliti Litbang RMOL, Faisal Mahrawa(tengah)/RMOL
rmol news logo Wajah kabinet Jokowi Jilid II harus lebih fokus pada masalah kesadaran bernegara. Hal itu berkaca dari masih adanya resistensi di beberapa daerah yang justru menjadi lumbung pemenangan Joko Widodo-Maruf Amin di Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan kepala badan Litbang RMOL, Faisal Mahrawa. Menurutnya, pekerjaan rumah Presiden Jokowi masih terlalu banyak untuk mengembalikan perpecahan yang terjadi di Indonesia setelah Pilpres.

"Dia (Jokowi) harus lakukan screening untuk melihat dan kembali merekatkan perpecahan-perpecahan yang mungkin ada akibat pemilu kemarin. Itu yang tidak dilakukan secara segera," ucap Faisal saat diskusi publik bertema 'Meraba Wajah Kabinet Jokowi Jilid II' yang digelar FrontPage Communication di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (26/9).

Ia tak habis pikir dengan masih adanya resistensi di kalangan masyarakat. Terlebih hal itu justru terjadi di daerah yang memenangkan pasangan Jokowi-Maruf pada Pilpres 2019.

"Ini sebenarnya pemenang pemilunya siapa? Di pusat-pusat kemenangan (Jokowi-Maruf) itu justru terjadi resistensi, misalnya Papua, Yogyakarta, Sumatra Utara itu terjadi resistensi. Saya tidak berharap resistensi itu kepada hasil pemilunya, tapi justru kepada kebijakan yang diambil," ungkapnya.

Sehingga, ia berharap wajah kabinet Jokowi Jilid II nantinya harus lebih fokus pada kesadaran bernegara.

"Kesadaran bernegara harus lebih fokus dan itu harus tercermin dalam wajah kabinet yang akan datang. Jangan ada lagi keinginan untuk mengambil alih kekuasaan karena menganggap menang, tapi di sini harus memenangkan seluruh rakyat Indonesia," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA