Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Tuntutan Mahasiswa Tak Dipenuhi, Kekuasaan Jokowi Bisa Goyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 30 September 2019, 11:22 WIB
Jika Tuntutan Mahasiswa Tak Dipenuhi, Kekuasaan Jokowi Bisa Goyah
Tuntutan mahasiswa dalam aksi unjuk rasa belakangan ini harus disikapi dengan bijak oleh Jokowi/RMOL
rmol news logo Ribuan mahasiswa akan kembali turun ke jalan pada hari ini, Senin (30/9), untuk melakukan aksi menolak sejumlah RUU bermasalah. Hingga mendesak Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perppu untuk membatalkan UU KPK.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Selain itu mereka juga mendesak pembentukan tim independen mencari pelaku terkait tewasnya dua orang mahasiswa Universitas Halu Uleo (UHO), Kendari, Sulawesi Tenggara.

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin, Presiden Jokowi sudah seharusnya memenuhi tuntutan mahasiwa. Sebab, mahasiswa adalah gerakan moral yang murni dan didukung oleh masyarakat.

"Salah satu tuntutan mahasiswa 2019 dan rakyat adalah menolak UU KPK hasil revisi. Rakyat mendukung demonstrasi mahasiswa. Hingga tuntutan mahasiswa dikabulkan oleh pemerintah," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL di Jakarta, Senin (30/9).

Ujang menegaskan, tuntutan mahasiswa kepada presiden menjadi sangat mendesak untuk saat ini. Jika tuntutan tidak dipenuhi, dalam pandangan Ujang, gerakan mahasiswa ditakutkan akan semakin membesar.

"Artinya Jokowi diminta bijaksana mengeluarkan Perppu KPK. Nah jika Jokowi tidak mengeluarkan Perppu bisa saja demonstrasi mahasiswa 2019 dan rakyat Indonesia akan mengoyahkan kekuasaan Jokowi," demikian Ujang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA