Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Pertarungan Bamsoet Vs Muzani, Fadel Muhammad Jalan Tengah Untuk Ketua MPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 03 Oktober 2019, 10:47 WIB
Di Tengah Pertarungan Bamsoet Vs Muzani, Fadel Muhammad Jalan Tengah Untuk Ketua MPR
Fadel Muhammad/RMOL
rmol news logo Senator asal Gorontalo Fadel Muhammad terpilih menjadi pimpinan MPR mewakili DPD, Rabu malam (2/10).

Mantan Gubernur Gorontalo dan Menteri KKP tersebut terpilih setelah meraih 59 suara dalam proses pemungutan suara yang sangat demokratis dalam Rapat Paripurna DPD.

Fadel berhasil mengalahkan tiga senator lainnya. Yaitu, senator asal DIY GKR Hemas (46 suara), senator asal Papua Yorrys Raweyai (16 suara), dan senator asal Sumatera Utara Dedi Iskandar Batubara (5 suara).

Hari ini, Kamis (3/10), nama Fadel akan dibawa dalam rapat gabungan DPR dan DPD (Paripurna MPR) di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta.

Paska terpilih sebagai pimpinan MPR dari DPD, Fadel berkomitmen untuk memperjuangkan DPD merebut Ketua MPR. Dia mengatakan itu merupakan dorongan dan aspirasi dari para senator lintas provinsi.

Gerak cepat, hari ini Fadel berencana menemui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri jelang pemilihan Ketua MPR. PDIP sebagai partai pemenang pemilu, Fadel ingin melobi Megawati untuk mendukungnya sebagai calon ketua MPR.

Kordinator Nasional Masyarakat Cinta Parlemen, Heru Purwoko mengatakan, di tengah kebuntuan calon ketua MPR dari fraksi-fraksi di DPR, Bambang Soesatyo (Partai Golkar) dan Ahmad Muzani (Partai Gerindra), kehadiran Fadel sebagai calon ketua MPR dari kelompok DPD akan menjadi jalan tengah.

"Setelah musyawarah mandek, voting menjadi opsi. Fadel jalan tengah dalam proses voting pemilihan ketua MPR," ujar Heru Purwoko kepada redaksi.

Selain Fadel sosok berpengaman dan negerawan, dan DPD lembaga independen, jumlah kelompok DPD juga yang terbanyak dibandingkan dengan sembilan fraksi di DPR.

Seperti diberitakan sebelumnya, suara-suara di internal DPD, banyak yang mengingankan agar pimpinan pimpinan MPR dari DPD bisa menjadi ketua MPR. Pasalnya, DPD adalah fraksi/kelompok terbesar di parlemen dengan jumlah 136 orang.

Adapun jumlah anggota DPR per fraksi sebagai berikut: PDI Perjuangan (128 kursi), Partai Golkar (85 kursi), Partai Gerindra (78 kursi), Partai Nasdem (59 kursi), PKB (58 kursi), Partai Demokrat (54 kursi), PKS (50 kursi), PAN (44 kursi) dan PPP (19 kursi). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA