Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pernah Bersama Di Golkar, Prabowo-Surya Paloh Akan Mudah Cair Jika Gabung Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 14 Oktober 2019, 08:49 WIB
Pernah Bersama Di Golkar, Prabowo-Surya Paloh Akan Mudah Cair Jika Gabung Pemerintah
Prabowo Subianto dan Surya Paloh/Net
rmol news logo Silaturahmi kebangsaan antara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang terjadi Minggu (13/10) kemarin layaknya sebuah reuni.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Baik Prabowo maupun Surya Paloh, keduanya punya sejarah politik yang sama dimana sebelumnya berkiprah di Golkar," ungkap pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Senin (14/10).

Keduanya memang sama-sama pernah berkecimpung di partai beringin. Bahkan Prabowo sempat mencalonkan diri sebagai presiden dalam konvensi capres Golkar 2004 silam meski kalah suara dari Wiranto.

Pun demikian dengan Paloh sebelum akhirnya mendirikan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 2011 silam. Pernah dalam satu partai membuat reuni keduanya berjalan hangat.

"Hubungan masa lalu tentu mempermudah keduanya untuk membangun relasi politik yang erat meski berbeda partai," lanjutnya.

Menurut Ade, baik Gerindra maupun Nasdem juga tidak memiliki rentang ideologis yang tajam. Keduanya dalam spektrum politik nasionalis-populis sehingga tidak ada hambatan ideologis jika kemudian berkongsi dalam pemerintahan Jokowi di jilid kedua ini.

"Jika keduanya masuk dalam koalisi pemerintahan, hambatan yang potensial terjadi diperkirakan hanya soal perebutan posisi pemerintahan maupun kebijakan yang dianggap strategis bagi kedua partai tersebut," jelas Ade.

"Biasanya, hal tersebut tidak akan terlalu sulit untuk dipecahkan karena dapat diselesaikan dengan pertukaran kepentingan dan power sharing," pungkasnya.

Keduanya melakukan pertemuan di Jalan Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Prabowo didampingi oleh Waketum Partai Gerindra, Edhy Prabowo dan Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. Sedangkan Surya Paloh juga didampingi Sekjen Nasdem, Johnny G Plate. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA