Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TGB: Keragaman Bangsa Indonesia Tidak Terjadi Ujug-ujug

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 15 Oktober 2019, 02:13 WIB
TGB: Keragaman Bangsa Indonesia Tidak Terjadi Ujug-ujug
TGB (paling kiri) saat menjadi narasumber diskusi yang digelar Kunci Institue dengan UKI/Ist
rmol news logo Perkembangan zaman menuntut persatuan. Keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah kunci menuju Indonesia maju. Semua pihak diimbau menyadari bahwa keragaman yang dimiliki Indosneai adalah sebuah proses perjalanan bangsa yang panjang.

Demikian disampaikan Gubernur NTB periode 2008-2018 TGB HM Zainul Majdi saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema 'Harmonisasi Keberagaman di Era Disruption 4.0' Senin (14/10).

TGB menjelaskan harmonisasi keberagaman yang harmonis di Indonesia ini tidak lahir begitu saja. melainkan hasil perjuangan.

“Kita harus menyadari dalam bentuknya yang sekarang ini bukan terjadi yang tiba-tiba datang saja. Ujug-ujug memiliki keberagaman. Indonesia ini adalah akumulasi perjuangan sudut nusantara. Dengan khazanah kearifan lokal. Lalu lahirlah Indonesia. Yang memiliki perjalanan bangsa,” terang TGB dalam diskusi yang digelar Kunci Institute bekerjasama dengan Universitas Kristen Indonesia (UKI).

TGB menyebut, para founding fathers berasal dari pemikiran berbeda. Betapa beragamnya latar belakang pemikiran mereka, namun dapat disatukan.

Dia menyebut, Indonesia tidak mungkin lahir seandainya orang-orang dengan pemikiran ini berkumpul dan berargumen untuk kepentingan kelompoknya, kemudian menganggap kelompoknya paling benar.

Manusia nusantara, tambah TGB, adalah manusia yang cinta kepada kebersamaan dan hidup bersama.

"Karena ada niat baik dari para pendiri bangsa. Saya berharap kita saat ini yang mewarisi hasil kerjasama bangsa," ujarnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA