Manuver Prabowo Beresiko Hilangnya Dukungan Politik Di Akar Rumput

Selasa, 15 Oktober 2019, 05:46 WIB
Laporan: Angga Ulung Tranggana

Prabowo saat bertandang ke kediaman Surya Paloh/RMOL

Dalam dua pekan berlalu, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto nampak agresif melakukan safari politik ke petinggi parpol anggota koalisi Jokowi.

Pendiri dan CEO Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyatakan manuver Prabowo menjadi pertaruhan kehilangan dukungan politik di akar rumput. Sebabnya, polarisasi saat pemilihan presiden (Pilpres)April 2019 lalu sangatlah keras.

"Resiko yang Prabowo pertaruhkan, salah satunya kehilangan basis dukungan grassroot. Basis dukungan Prabowo selama ini kan basis akar rumput anti tesis dari Jokowi," kata Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (14/10).

Pangi menganalisis, sikap agresif Prabowo sowan ke elite parpol pendukung Jokowi adalah cara agar pengusung Jokowi tidak meradang karena akan bergabung ke koalisi untuk 5 tahun mendatang.

"Manuver politik yang belakangan dilakukan Prabowo sangat agresif sekali, ini adalah cara, upaya dalam membangun silaturahim politik, agar partai koalisi pengusung tidak meradang," tandas dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Prabowo memang tampak rajin menemui elite parpol pendukung Jokowi. Minggu malam (13/10), Prabowo menemui Ketum Partai Nasdem Surya Paloh. Keesokan harinya, (14/10), Prabowo bersama elite Gerindra sowan ke Ketum PKB Muhaimin Iskandar di Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat.

Usai pertemuan, Prabowo selalu menyampaikan ke awak media bahwa dirinya mengedepankan kepentingan nasional di atas pertarungan politik pilpres. 

Kolom Komentar


Video

Terlibat Penyelundupan Harley Davidson, Direktur Utama Garuda Dicopot Paksa

Kamis, 05 Desember 2019
Video

BMKG, Hujan di Jawa Tengah Belum Merata

Jumat, 06 Desember 2019
Video

Ari Askhara Lebay, Tampil ala Bung Karno Berdiri di Mobil Klasik

Jumat, 06 Desember 2019