Demokrat Sodorkan AHY Jadi Menteri, Bisa Jadi Ancaman Pemilu 2024

Rabu, 16 Oktober 2019, 05:15 WIB
Laporan: Angga Ulung Tranggana

Agus Harimurti Yudhoyono (membawa bendera Partai Demokrat/Net

Menguatnya Prabowo dengan gerbong Gerindranya merapat ke koalisi Joko Widodo, diprediksi akan menyulitkan Partai Demokrat diterima sebagai bagian pemerintah 5 tahun mendatang.

Pengamat politik, Adjie Alfarabi menyebut, Partai Demokrat akan susah diterima oleh anggota koalisi Jokowi jika menyodorkan sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri kabinet kerja jilid 2.

Alasannya, kehadiran AHY akan dapat mengguncang internal partai politik pendukung Jokowi, karena dianggap sebagai ancaman di pemilu 2024 mendatang.

"AHY adalah figur potensial untuk 2024, ini akan jadi guncangan anggota koalisi mereka akan berpikir ulang (menerima Demokrat). Jokowi akan mempertimbangkan apakah PDIP dan partai lainnya nyaman dengan kehadiran AHY di koalisi." kata Adjie kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (16/10).

Adjie menyebutkan, kemungkinan Demokrat bergabung ke koalisi Jokowi apabila sosok yang disodorkan menjadi pembantu Jokowi adalah figur selain AHY.

"Mungkin akan butuh komunikasi politik alot kalau figurnya AHY, tapi kalau figurnya selain AHY anggota partai pasti tidak begitu mengkhawatirkan." tandas Adjie.

Adjie memprediksi peluang gabungnya Demokrat sangat kecil. Mengingat hingga saat ini belum ada komunikasi politik dari elite Demokrat yang melakukan safari politik seperti yang dilakukan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Kolom Komentar


Video

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Minggu, 17 November 2019
Video

Mahasiswa Harvard Bubar Saat Dutabesar Israel Mulai kuliah Umum

Minggu, 17 November 2019
Video

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang

Minggu, 17 November 2019