Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

3 Tantangan Yang Harus Dilalui Indonesia Sebelum Hadapi "Peperangan" Di 2045

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amal-taufik-1'>AMAL TAUFIK</a>
LAPORAN: AMAL TAUFIK
  • Kamis, 17 Oktober 2019, 08:55 WIB
3 Tantangan Yang Harus Dilalui Indonesia Sebelum Hadapi "Peperangan" Di 2045
Dodi Reze (kanan) dalam Seminar "Mimpi Tokoh Muda untuk Indonesia 2045"/RMOL
rmol news logo Negara-negara Asia diprediksi bakal punya peran besar dalam ekonomi global pada 2045. Karena itulah, sebagai salah satu negara Asia, Indonesia sudah harus menyiapkan diri untuk menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi global pada era tersebut.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin berpendapat, Indonesia masih memiliki tiga tantangan yang perlu disikapi dengan baik untuk menuju "peperangan" pada 2045.

Pertama adalah teknologi. Lebih tepatnya teknologi robotik, Artificial Intellegence (AI), dan energi terbarukan. Kedua, climate change (perubahan iklim). Ketiga tentu saja soal pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, supaya pada tahun-tahun itu Indonesia bisa setara dengan negara-negara lain, alumnus Leuven Universiteit Belgia itu juga menyebut Indonesia harus ikut memperhatikan green growth development (pembangunan pertumbuhan berbasis energi ramah lingkungan).

"Karena di Indonesia masih melakukan pembangunan dan pembukaan lahan yang makin hari makin tidak memerhatikan ekosistem lingkungan," paparnya dalam Seminar "Mimpi Tokoh Muda untuk Indonesia 2045" di Hotel Aryaduta, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (16/10).

Selain Dodi Reza Alex Noerdin, dalam diskusi tersebut hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Biak Nusfor Herry Ario Naap, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani. Acara tersebut dimoderatori oleh Alfito Deanova Ginting dan Senandung Nacita. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA