Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Analis Geopolitik: Gerindra Masuk Koalisi Sebagai Penebus Janji Batu Tulis Megapro

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Sabtu, 19 Oktober 2019, 03:22 WIB
Analis Geopolitik: Gerindra Masuk Koalisi Sebagai Penebus Janji Batu Tulis Megapro
Analis Geopolitik, Hendrajit/RMOL
Kemungkinan masuknya Partai Gerindra ke koalisi pemerintah hampir dipastikan terwujud lantaran masing-asing ketua umumnya memiliki agenda besar.

Menurut analis Geopolitik Hendrajit, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri terikat dengan janji batu tulis 2009 silam.

Momentum keharmonisan yang belakangan diperlihatkan keduanya pun mengindikasikan bahwa Mega tengah menebus perjanjian yang sempat diingkari melalui pemerintahan 2019-2024.

"Karena Batu Tulis isinya itu 2014 Megawati janji dukung Prabowo, tapi dia ingkar di situ. Akhirnya dengan diplomasi baru, mereka bikin kesepakatan dengan diplomasi baru seperti sekarang," ucap Hendraji di Kedai Tempo, Utan Kayu, Jakarta Timur, Jumat (18/10).

Di sisi lain, Megawati juga ingin pemerintahan Jokowi aman dari tekanan oposisi lantaran tensi politik saat ini sudah mencemaskan. Sehingga Mega perlu menggandeng Gerindra untuk mengamankan PDI-P di 2024 nanti.

"Ini seperti bulan madu yang sempat tak terlaksana di perkawinan Mega-Pro (Mega-Prabowo) di Pilpres 2009. Jadi sebenarnya Megawati itu belum ingkar janji. Dia hanya ingin melihat di momen apa perjanjian Batu Tulis dapat dibayarkan," tegasnya.

"Megawati itu sosok yang konsisten kalau kita lihat dari sikapnya sejak dulu," tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA