Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sukses Empat Kali Laksanakan Pilpres, Indonesia Negara Demokrasi Berperadaban Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/azairus-adlu-1'>AZAIRUS ADLU</a>
LAPORAN: AZAIRUS ADLU
  • Minggu, 20 Oktober 2019, 17:53 WIB
Sukses Empat Kali Laksanakan Pilpres, Indonesia Negara Demokrasi Berperadaban Tinggi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Indonesia sebagai bangsa dan negara sudah berhasil menyelenggarakan empat kali pemilihan umum presiden dan wakil presiden secara langsung dipilih oleh rakyat.

Keempat pesta politik terbesar itu berjalan lancar, meski dalam perjalanannya tidak melulu mulus, kadang dinamika politik menyita perhatian dan energi seluruh komponen bangsa, tanpa terkecuali.

Melihat hal itu, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Hendra J. Kede menilai, tidak salah bila Indonesia mengklaim sebagai bangsa yang sukses menjalankan demokrasi level tinggi dalam bernegera dan berbangsa.

"Indonesia adalah negara besar demokrasi yang berperadaban tinggi, dibawah nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya dalam perbincangan dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (20/10).

Sekadar informasi, pada awalnya pemilihan presiden dipilih lewat mekanisme di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Setelah amendemen keempat UUD 1945 pada tahun 2002, pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) disepakati untuk dilakukan langsung oleh rakyat.

Indonesia pertama kali melakukan Pilpres secara langsung pada tahun 2004, saat itu kontestannya adalah Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla dan Megawati Soekarnputri-Hasyim Muzafi. Kala itu SBY-JK keluar sebagai pasangan terpilih.

Kemudian pada tahun 2009, saat itu SBY kembali maju, kali ini menggandeng Boediono, sementara rivalnya adalah JK, saat itu JK berpasangan dengan Wiranto, lalu ada pasangan lain, Megawati kembali menantang SBY, kali ini menggandeng Prabowo Subianto. Pilpres 2009 terpilih SBY dan Boediono.

Selanjutnya Pilpres 2014, kontestannya adalah Joko Widodo yang menggandeng Jusuf Kalla, melawan Prabowo Subianto yang didampingi Hatta Rajasa. Joko Widodo dan JK terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Terakhir Pilpres 2019, Jokowi kembali maju sebagai calon presiden, kali ini menggandeng Maruf Amin. Rivalnya lagi-lagi Prabowo Subianto, Prabowo menggandeng politikus muda Sandiaga Uno. Pada pilpres ini, Jokowi kembali terpilih. rmol news logo article
 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA