Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pidato Jokowi Tegaskan Pemberantasan Korupsi Bukan Prioritas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 21 Oktober 2019, 10:34 WIB
Pidato Jokowi Tegaskan Pemberantasan Korupsi Bukan Prioritas
Joko Widodo tak jadikan korupsi sebagai prioritas kerjanya/Net
rmol news logo Tak ada satu kata "korupsi" yang muncul dalam pidato Joko Widodo usai dilantik untuk kedua kalinya sebagai Presiden Republik Indonesia, Minggu (20/10) kemarin. Ini seperti menegaskan kalau isu pemberantasan korupsi bukan prioritas Jokowi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu yang disampaikan oleh peneliti Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah kepada wartawan, Senin (21/10).

"Menyayangkan pidato presiden yang menghilangkan kosakata korupsi. Padahal di akhir jabatan periode pertama, isu korupsi menjadi yang terpenting. Terlebih ada upaya pelemahan melalui sistem kerja KPK dan regulasi,” tekan Dedi.

Dalam pidato itu, lanjut Dedi, presiden hanya mengulang apa yang sudah disampaikan pada saat pidato kemenangan Pilpres di hadapan para relawan di Sentul, Bogor beberapa waktu yang lalu.

"Mendengar pidato Presiden, menegaskan apa yang sudah disampaikan dalam pidato kemenangan waktu lalu. Korupsi bukan prioritas, tentu mengkhawatirkan. Bahkan dalam naskah pidatonya (kata) korupsi tidak muncul," katanya.

Padahal, menurut Dedi, komitmen pemberantasan korupsi merupakan faktor utama pembangunan. Ia menilai banyak sektor yang lumpuh karena maraknya praktik korupsi.

"Presiden pasti memahami, birokrasi kita sudah baik dari sisi prosedur, menjadi kacau karena sabotase koruptor. Seringkas apapun keinginan presiden memotong jalur birokrasi, jika komitmen pemberantasan korupsi lemah, maka cita-cita hanya jadi wacana. Sulit terimplementasi,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA