Ilham Habibie: Indonesia Memang Perlu Kembangkan SDM

Senin, 21 Oktober 2019, 23:54 WIB
Laporan: Raiza Andini

Ilham Habibie/RMOL

Indonesia akan mampu bersaing dengan negara-negara berkembang lain jika sumber daya manusianya juga ikut berkembang.

Setidaknya begitu pandangan yang disampaikan putra pertama mendiang Baharudin Jusuf Habibie, Ilham Habibie usai menjadi pembicara di acara Sarasehan Kebangsaan, Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (21/10).

Ilham menyampaikan, ada berbagai bidang yang bisa mengembangkan potensi Indonesia di mata dunia. Hal ini sejalan dengan fokus pemerintah dalam lima tahun ke depan.

“Ada satu bidang yang mungkin secara strategis itu penting, yaitu SDM berkaitan dengan 4.0,” ucapnya di lokasi.

Ia pun menyinggung salah satu studi perusahaan terkemuka dalam bidang SDM bernama Kern and Federal America. Studi tersebut menunjukkan seluruh negara seperti Amerika dan China akan kekurangan SDM, kecuali India.

“Dan itu surplus di tahun 2030 ke atas, dia (India) masih tetap punya kelebihan orang karena itu akan sangat diperlukan untuk revolusi 4.0 di bidang industri pendidikan, pemerintahan, semua bisa di 4.0,” jelasnya.

Pihaknya menambahkan, saat ini data merupakan aset terbesar dibandingkan investasi lainnya. Sehingga dengan adanya SDM yang mumpuni akan dapat menyerap tenaga kerja untuk mengolah data menjadi pemasukan dana.

“Data itu perlu ada yang mengumpulkannya, mengolahnya yang membuat analisanya, yang menerapkannya. Itu yang perlu ada orang IT, insinyur. Bukan saja yang teknik, tapi juga yang lain-lain. Jadi semua terkait itu,” paparnya.

“Itu satu bidang yang diperlukan, kalau yang lain umumlah. Memang teknik itu banyak yang diperlukan, tapi bukan itu saja. Perlu misalnya orang yang mengerti pemasaran, media, dan terkait dengan teknologi tersebut dan sebagainya,” tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Minggu, 17 November 2019
Video

Mahasiswa Harvard Bubar Saat Dutabesar Israel Mulai kuliah Umum

Minggu, 17 November 2019
Video

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang

Minggu, 17 November 2019