Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komite I DPD Dukung Wacana Pembentukan Provinsi Baru Papua Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Selasa, 29 Oktober 2019, 16:54 WIB
Komite I DPD Dukung Wacana Pembentukan Provinsi Baru Papua Selatan
Wakil Ketua Komite I DPD Fachrul Razi/Net
rmol news logo Pimpinan Komite I DPD RI menyambut baik wacana pembentukan Provinsi baru Papua Selatan. Provinsi ini pemekaran dari Provinsi Papua.

"Kami memberikan dukungan kepada pemerintah lewat Mendagri Tito Karnavian yang telah mencanangkan DOB untuk Papua Selatan," kata Wakil Ketua Komite I DPD Fachrul Razi kepada redaksi, Selasa (29/10).

Selain Provinsi Papua Selatan, pemerintah juga didorong segera memekarkan Provinsi Papua Tengah dari Provinsi Papua Barat. Provinsi Papua Selatan dan Provinsi Papua Tengah masuk dalam daftar 314 calon daerah otonomi baru (DOB). Dan, dua calon provinsi ini termasuk kategori DOB strategis.

Fachrul Razi menjelaskan, pemekaran adalah solusi terbaik atas permasalahan yang ada. DOB juga menguatkan integritas bangsa dalam bingkai NKRI.

"Pemerintah jangan reaksioner, baru membuka kran DOB setelah ada gejolak," ucapnya mengingatkan.

Untuk itu, lanjut Fachrul Razi, Presiden harus segara menandatangani dua Peraturan Pemerintah tentang Penataan Daerah (Detada) dan Desain Besar Penataan Daerah (Desertada).

Menurutnya, kalau pemerintah melakukan pemekaran di tanah Papua, menyusul DOB strategis lainnya seperti di kepulauan dan perbatasan, ini akan menjadi kado terindah Presiden Joko Widodo di awal-awal pemerintahannya dengan Wapres Maruf Amin.

"Ini akan menjadi kado terbaik di awal pemerintahan periode kedua Presiden Jokowi," tutup Fachrul Razi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA