Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ahmad Basarah: Konflik Yang Berlatar Politik Mudah Selesai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 31 Oktober 2019, 01:53 WIB
Ahmad Basarah: Konflik Yang Berlatar Politik Mudah Selesai
Diskusi di CDCC/RMOL
rmol news logo Rekonsiliasi merupakan suatu cara untuk memperbaiki hubungan. Ada tiga perspektif dalam melihat rekonsiliasi pasca konflik, yaitu politik, sosial, dan ideolgi.

Di Indonesia, eskalasi konflik muncul saat pelaksanaan pemilu serentak digelar beberapa waktu lalu. Konflik yang muncul didasarkan pada perbedaan pilihan politik.

“Masyarakat hanya memberikan dukungan secara sosial, mendukung paslon tapi tidak punya motif ekonomi, ideologi segala macam,” urai Ketua DPP PDIP itu saat menjadi pembicara diskusi Center of Dialogue and Cooperation among Civilization (CDCC) di Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Akibat perbedaan dukungan itu, sambungnya, terjadi konflik dalam satu keluarga. Bahkan merujuk pada survei, ada juga konflik politik yang berujung pada perceraian di dalam rumah tangga itu sendiri.

“Biasanya konflik semacam ini mudah selesai. Begitu juga dengan konflik yang alasannya politik. Karena dalam tradisi politik kita, terutama sejak pemilihan langsung, tidak mengenal sistem oposisi,” ucap wakil ketua MPR itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA