Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengurangan Sampah Plastik Butuh Peran Aktif Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 31 Oktober 2019, 19:56 WIB
Pengurangan Sampah Plastik Butuh Peran Aktif Masyarakat
Sampah Plastik/Net
rmol news logo Pemerintah Indonesia berkomitmen menanggulangi sampah plastik yang saat ini masuk dalam kondisi memprihatinkan. Pasalnya, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Plt Sesko Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Agung Kuswandono menyampaikan, penanganan sampah plastik harus dilakukan secara komprehensif, mulai dari pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir serta pengolahan dengan menggunakan teknologi river clean up system (RCS).

“Saya berharap upaya ini dapat memberikan hasil yang baik, diperluas penerapannya, dan bisa diciptakan di Indonesia melalui kerja sama antara pemerintah atau stakeholder juga masyarakat dan komunitas,” tambahnya.

Intervensi teknologi canggih untuk penanganan sampah plastik di laut tak dapat terealisasi maksimal, lanjut Agung, tanpa adanya peran aktif masyarakat dan industri.

“Peran aktif masyarakat, mitra industri sangat penting dalam menggalakkan penanggulangan masalah sampah, melalui intervensi media, kampanye, maupun peningkatan kesadaran perilaku berwawasan lingkungan,” paparnya.

“Mindset peduli lingkungan dan cinta laut perlu ditanamkan sejak pendidikan usia dini,” tambahnya.

Pihaknya berharap Pemda sebagai ujung tombak pengelolaan sampah mampu berinovasi dan berkreasi mencari solusi kreatif. Selain itu juga diperlukan keberanian membuat kebijakan yang berpihak kepada lingkungan.

“Saya yakin upaya serius dalam restorasi sungai, termasuk pembersihan sampah plastik sungai menjadi penting bagi penyelamatan laut dan ekosistemnya,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA