Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

RDP Perdana Bareng Kemendagri, Komisi II Fokus Soal Pemekaran Papua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 06 November 2019, 14:52 WIB
RDP Perdana Bareng Kemendagri, Komisi II Fokus Soal Pemekaran Papua
Rapat Komisi II DPR RI bersama dengan kemendagri/RMOL
rmol news logo Komisi II DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP) perdana dalam pemerintahan 2019-2024 bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hari ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggota Komisi II DPR, Saan Mustofa menyebutkan, salah satu pembahasan dalam rapat tersebut adalah mengenai pemekaran sejumlah wilayah di Papua.

Hal itu berkenaan dengan pernyataan yang sebelumnya disampaikan Mendagri soal pemekaran wilayah. Nantinya, DPR akan menanyakan langsung ke Kemendagri pentingnya pemekaran wilayah Papua itu.

"Ada dua daerah pemekaran, selatan dan tengah. Tentu kami juga akan tanyakan terkait urgensi dan rasionalisasinya seperti apa," kata Saan Mustofa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11).

Hal itu dinilai penting untuk dibahas lantaran status pemekaran tersebut saat ini masih memoratorium. Selain agenda tersebut, rapat perdana ini bakal membahas mengenai rencana strategis Kemendagri selama lima tahun kedepan.

"Misalnya banyak persoalan tentang reformasi birokrasi, terus yang kedua tentang rekrutmen CPNS, Pilkada, undang-undang yang lain yang ada di Kemendagri, itu yang jadi fokus kita," jelasnya.

Soal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 juga menjadi perhatian dalam rapat tersebut. Salah satunya adalah mengenai pelarangan mantan narapidana korupsi ikut Pemilu.

"Memang masih ada isu-isu yang masih krusial misal terkait dengan larangan napi korupsi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA