Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendagri: Negara Tak Boleh Kalah Dengan Ormas Manapun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 06 November 2019, 22:38 WIB
Mendagri: Negara Tak Boleh Kalah Dengan Ormas Manapun
Mendagri Tito Karnavian/Ist
rmol news logo Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta aparat kepolisian mulai dari Polda hingga Polsek menindak tegas organisasi masyarakat (Ormas) yang melakukan intimidasi dan kekerasan terhadap pengusaha kecil.

"Masalah Ormas ini ada aturannya. Kalau dia melakukan pelanggaran hukum, misal intimidasi, pemerasan segala macam, tangkap saja. Kalau (melanggar) UU pidana tangkap saja oleh Kapolda Polres dan polisi yang ada," kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11).

Hal itu ia sampaikan berkenaan dengan maraknya tindakan ormas yang cenderung melakukan intimidasi. Terbaru, ormas di kawasan Bekasi diduga melakukan intimidasi berkenaan dengan lahan parkir minimarket.

Mantan Kapolri ini menegaskan, aparat juga perlu melakukan dialog apabila Ormas tersebut bekerja sama dengan Pemda maupun pengusaha.

"Ajak dulu bicara, para pengusaha yang terdampak itu diundang, mau enggak dia digituin," ujarnya.

"Kalau seandainya pengusaha-pengusahanya mau, why not. Tapi lihat aturanya, ini ada kemungkinan korupsi tidak, menguntungkan masyarakat tidak. Kemarin viral terjadi semacam intimidasi, enggak boleh. Negara tidak boleh kalah pada Ormas manapun juga," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA