KONGRES NASDEM

Di Kongres Nasdem, Anies Kenang Ide Besar Surya Paloh Sembilan Tahun Lalu

Jumat, 08 November 2019, 22:27 WIB
Laporan: Faisal Aristama

Anies Baswedan dan Surya Paloh/Net

Ide besar besar Ketua Umum Partai Nadem Surya Paloh sembilan tahun lalu masih terngiang dalam ingatan Gubernur DKI Jakarta DKI Jakarta Anies Baswedan. Ide besar itu mengenai cita-cita demokrasi yang matang yang bisa menyandingkan keseimbangan.

Adapun yang dimaksud Anies adalah ide besar Surya Paloh saat mendirikan Gerakan Nasional Demokrat, yang jadi cikal bakal Partai Nasdem pada tahun 2010 lalu. Anies merupakan salah satu deklarator gerakan tersebut.

Dia mengungkap kembali ide besar Surya Paloh itu saat memberi sambutan dalam acara Kongres II dan Harlah ke-8 Partai Nasdem di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).

Anies meminta izin kepada Surya Paloh untuk menyampaikan kutipan kalimat yang dirasa masih relevan di tahun ini.

"Gerakan Nasional Demokrat mencita-citakan demokrasi yang matang, yang menjadi tempat persandingan keberagaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, kebebasan dengan kesejahteraan, keseimbangan seperti itulah yang harus dituntaskan di Indonesia," tutur Anies di hadapan ribuan kader Nasdem.

Dia lantas mengurai mengenai persatuan di ibukota yang sedang dijaganya. Persatuan itu, sambung Anies, tidak akan tercipta tanpa persamaan dan keadilan.

“Di Jakarta hampir tidak mungkin membangun persatuan dalam ketimpangan. Membangun persatuan harus kesetaraan, membangun persatuan harus dalam keadilan. Itu yang kita dorong," kata Anies.

Kolom Komentar


Video

Ini Suasana Polrestabes Medan Pasca Ledakan

Rabu, 13 November 2019
Video

Sebelum Angkat Ahok, Baiknya Erick Thohir Konsultasi Kasus Sumber Waras Ke KPK

Rabu, 13 November 2019
Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019