Siapa Partai Tak Pancasilais Versi Surya Paloh?

Sabtu, 09 November 2019, 01:11 WIB
Laporan: Faisal Aristama

Ketum Nasdem Surya Paloh/RMOL

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh menyebut ada partai yang ngaku-ngaku sebagai partai pancasilais. Hal itu dikatakan Paloh saat berpidato di pembukaan Kongres Nasdem II, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).

Saat disinggung siapa partai yang dimaksud, Paloh enggan menjawabnya.

"Ya siapa kita enggak tahu," kata Paloh kepada wartawan.

Paloh hanya menjawab normatif saat dicecar pertanyaan tersebut. Menurutnya parpol yang tidak pancasilais itu adalah partai yang tidak mengindahkan nilai-nilai pancasila.

"Ya (partai) yang melanggar semua norma pancasila, ya tidak pancasilais," kata dia.

Meski demikian, Paloh sempat menyinggung parpol yang suka marah itu disebutnya kurang pancasilais.

"Jadi kalau ada partai kita yang bawa marah aja, nah dia kurang pancasilais. Kan ada juga ada marah, senyum boleh," tegasnya.

Seperti diketahui, dalam pidato pembukaannya, Paloh menyebut ada partai yang mengaku-ngaku pancasilais. Dia pun meminta partai tersebut membuktikan pancasilais partai tersebut.

"Ngakunya partai nasionalis partai yang pancasilais, ya buktikan saja di rakyat yang membutuhkan pembuktian. Partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila, saudara-saudara," tuturnya.

"Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong, mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, yang pasti itu bukan Pancasilais itu," sindirnya.
EDITOR:

Kolom Komentar


Video

PA 212 Ancam Gelar Revolusi Jika Pemerintah Jadi Dalang Korupsi

Sabtu, 22 Februari 2020
Video

Gedung DPR Kebakaran

Senin, 24 Februari 2020