Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KONGRES NASDEM

Di Pleno Kongres II, Akar Rumput Inginkan Surya Paloh Jadi Capres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 09 November 2019, 19:40 WIB
Di Pleno Kongres II, Akar Rumput Inginkan Surya Paloh Jadi Capres 2024
Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh/Net
rmol news logo Sempat diisukan mengusung sejumlah nama untuk Pilpres 2024, Partai Nasdem justru mengusulkan sosok dari internal untuk menjadi Calon Presiden 2024.

Sosok tersebut tak lain Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh. Ia diusulkan oleh 7 dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dalam rapat Pleno ke-empat.

"Ada 7 di antara DPW mengusulkan Pak Surya Paloh sebagai Calon Presiden 2024-2029," ujar Sekjen Nasdem, Johnny G Plate kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (9/11).

Namun, kata dia, usulan tersebut masih ditampung dari empat rapat pleno penetapan tatib sidang, rapat pleno LPJ Ketum hingga DPP, rapat pleno pandangan umum dan usulan Caketum 34 DPW seluruh Indonesia, dan rapat pleno hasil penyerahan pandangan umum Majelis Tinggi.

"Selanjutnya pembicaraan akan berkembang di rapat komisi dan rapat pleno selanjutnya besok," kata Plate.

DPW yang menginginkan Surya Paloh menjadi Capres 2024 itu ditaranya DPW NTT, DPW NTB, DPW Jambi, DPW Gorontalo, DPW Banten. Nantinya, usulan tersebut akan ditampung dan menunggu persetujuan dari Ketum Surya Paloh.

"Kami juga belum bertanya kepada Pak Surya Paloh, apakah bersedia menjadi Calon Presiden? kami belum tahu," katanya.

Selain itu, kata Plate, pihaknya juga bakal memantau dinamika politik Tanah Air yang terus berkembang. Termasuk mempertimbangkan mekanisme konvensi partai dalam menjaring Capres nantinya.

"Mekanisme pencalonan presiden juga ada beberapa modelnya, termasuk bottom up. Bisa saja memilih model Konvensi yang melibatkan seluruh komponen masyarakat. Kami menunggu perubahan perkembangan dan dinamisnya politik Indonesia setelah 2019," demikian Plate. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA