Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masjid Apung Siap Dibangun, Anies Baswedan Simpan Harapan Khusus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 10 November 2019, 00:49 WIB
Masjid Apung Siap Dibangun, Anies Baswedan Simpan Harapan Khusus
Anies Baswedan bersama Yusuf Kalla saat peletakkan batu pertama Masjid Apung Jakarta/Istimewa
rmol news logo Pembangunan Masjid Apung segera dimulai. Pemprov DKI Jakarta telah melakukan Pemancangan tiang pertama Masjid Apung pertama di Jakarta ini berlangsung di Kawasan Pantai Ria, Taman Impian Jaya Ancol, Sabtu sore (9/11).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut meresmikan ground breaking secara simbolis bersama Ketua Dewan Masjid Indonesia Pusat, Jusuf Kalla, dan Direktur Utama Ancol, Teuku Sahir Syahali.

Dalam sambutannya, Anies berharap Masjid Apung yang didesain unik ini bisa menjadi ikon baru Kota Jakarta.

Menurut Anies, hadirnya Masjid Apung ini dapat membuat Ancol menjadi kawasan wisata yang multiaspek. Termasuk di dalamnya adalah cultural tourism atau wisata budaya.

"Alhamdulillah, kita berharap Ancol ini bukan saja menjadi tempat di mana Pemprov DKI mendapatkan pendapatan yang cukup secara finansial, tapi juga di sini memiliki fungsi sosial (dan) pembangunan," kata Anies, dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Sabtu (9/11).

"Kita berharap nantinya Masjid Apung ini menjadi salah satu ikon. Bukan hanya hari ini, tapi menjadi salah satu ikon masjid Indonesia (pada) dekade yang akan datang," imbuhnya.

Anies juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pembangunan Masjid Apung ini, khususnya Dewan Masjid Indonesia.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih (untuk semua), khususnya kepada Bapak Jusuf Kalla, yang sudah hadir bersama di dalam peletakkan batu pertama proyek ini. Kita berharap masjid ini menjadi salah satu binaan di dalam Dewan Masjid Indonesia. Juga berharap nantinya kita sama-sama bisa mengembangkan apa yang menjadi konsen dari masyarakat kita terkait dengan masjid, khususnya di Jakarta," ujar Anies.

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan butuh waktu satu tahun sejak ground breaking. Lokasinya yang menjorok dari daratan menjadikan masjid ini bangunan yang unik dan satu-satunya di Jakarta.

Nantinya, masjid ini akan memiliki luas 2.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang jamaah.

Sementara bangunan akan berbentuk segi lima, mencerminkan rukun Islam serta jumlah waktu shalat wajib dalam satu hari.

Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Al Qur'an. Pada sisi luar masjid akan terdapat 6 buah minaret (menara) yang melambangkan rukun iman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA