Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gencar Manuver, Surya Paloh Ingin Nasdem Tidak Ada Dalam Bayangan Politik Siapapun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 10 November 2019, 19:35 WIB
Gencar Manuver, Surya Paloh Ingin Nasdem Tidak Ada Dalam Bayangan Politik Siapapun
Petinggi Nasdem saat bertandang ke DPP PKS/RMOL
rmol news logo Manuver Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (SP) yang intens dilakukan saat ini dapat dimaknai sebagai unjuk eksistensi politik.

Demikian yang disampaikan oleh pengamatan politik dari Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi.

"Pesan utamanya adalah Nasdem merupakan parpol yang mandiri dan tidak dalam bayang-bayang politik siapapun, " ungkapnya saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (10/11).

Menurut Ade, hal ini merupakan sesuatu yang wajar jika dikaitkan dengan berkembangnya kesan publik bahwa masa depan Nasdem tidak hanya sekadar ditentukan oleh peranan SP, namun juga tergantung sejauhmana peran strategis dalam pemerintahan Jokowi.

"Sehingga patut diduga bahwa manuver Nasdem yang cukup agresif diarahkan untuk memperkuat bargaining politik Nasdem yang saat ini peranan kurang strategis jika dibanding periode pertama dalam pemerintahan Jokowi," jelasnya.

Meski begitu, Ade melihat dari sisi etika politik sesungguhnya kurang pas jika Nasdem mengambil peranan yang berlebihan untuk memperbincangkan Pilpres 2024.  

"Bagaimanapun juga Nasdem merupakan pendukung pemerintah yang baru saja terbentuk," imbuhnya.

"Semestinya Nasdem yang juga punya kursi dalam Kabinet lebih fokus pada mengakselerasi peranan para menterinya untuk membantu Jokowi dalam merealisasikan janji-janji kampanyenya," tandas Ade. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA