Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelajaran Pahit Dari Kenya, Gara-Gara Utang China Aset Terancam Hilang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 11 November 2019, 09:27 WIB
Pelajaran Pahit Dari Kenya, Gara-Gara Utang China Aset Terancam Hilang
Hidayat Nur Wahid/Net
rmol news logo Nasib yang tengah dialami pemerintah Kenya harus menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia dalam mengambil kebijakan. Kenya kini terancam kehilangan pelabuhan Mombasa, jika mereka gagal membayar pinjaman kepada China.

African Stand telah melaporkan bahwa Kenya berpotensi kehilangan aset strategis jika gagal bayar utang pada negeri Tirai Bambu. Adapun pinjaman yang dimaksud digunakan Kenya untuk pengembangan Standard Gauge Railway (SGR).

Selain pelabuhan Mombasa, Kenya juga mempertaruhkan pelabuhan Inland Container Depot di Nairobi.

Bagi Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, kasus ini merupakan pelajaran penting yang harus dipetik hikmahnya oleh pemerintah Indonesia, yaitu untuk berhati-hati dalam mencari utang. Terlebih pada China, yang berpotensi menghilangkan aset strategis bangsa.

“Pelajaran pahit dari Kenya, dan sebelumnya dari SriLanka. Tak bisa bayar hutang ke China, penyitaan aset negara di depan mata,” ujarnya dalam akun Twitter pribadi, Minggu (10/11).

Wakil ketua Majelis Syuro PKS itu bersyukur kejadian tersebut tidak menimpa Indonesia. Baginya, jika itu terjadi di Indonesia, maka sama saja ada pengkhiatan pada pahlawan bangsa yang telah memerdekakan Indonesia.

“Itu adalah pengkhianatan kepada pahlawan bangsa,” tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA