Luhut Pandjaitan: LRT Jabodebek Ditargetkan Beroperasi Lebih Cepat, Tahun 2021

Selasa, 12 November 2019, 12:16 WIB
Laporan: Raiza Andini

Luhut Binsar Pandjaitan dan para menteri/Net

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek ditargetkan dapat beroperasional pada tahun 2021.

"Tesnya kan sekarang sudah jalan dari Cibubur sampai Cawang, jadi tes itu diperkirakan enam sampai tujuh bulan ke depan kalau sudah beres tentu tidak ada masalah, langsung nanti beberapa bulan tesnya ini dilakukan," jelas Luhut lewat siaran persnya, Selasa (12/11).

"Bersamaan itu juga sudah mulai sekarang studi ke Bogor jadi kita berharap nanti lebih cepat," tambahnya.

Menko Luhut lantas mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait dalam pembangunan proyek LRT ini hingga dapat terwujud sampai saat ini.

"Terima kasih untuk kerja samanya, ini diwujudkan dengan banyak rapat, bahkan rapat terbanyak dengan Menteri Perhubungan. Untuk pembebasan tanah LRT ini juga dibantu dari Kementerian ATR/BPN dan instansi lain yang terlibat," tutur Luhut.

Adapun LRT Jabodebek merupakan proyek pertama yang terintegrasi dengan pengelolaan yang sangat terbuka. LRT ini ditargetkan mampu menampung maksimal 474 ribu penumpang per hari dengan hanya dari Cibubur, dan ini belum termasuk penumpang yang akan menggunakan moda transportasi ini dari Bogor, Depok, Bekasi,  dan juga Cikeas.

Diperkirakan angka ini akan mengurangi kepadatan di Jakarta sampai dengan 30 persen.

LRT Jabodebek menggunakan sistem persinyalan moving block dan sistem operasi grade of automation level 3, dengan demikian pengoperasian moda transportasi ini tidak membutuhkan masinis.

Dengan sistem tersebut, waktu keberangkatan antarkereta dapat mencapai 3 menit. LRT Jabodebek tahap 1 memiliki rute lintas 1 : Cawang-Cibubur, lintas 2 : Cawang-Dukuh Atas, dan lintas 3 : Cawang-Bekasi Timur.

Kolom Komentar


Video

Provinsi Jawa Barat Raya

Jumat, 13 Desember 2019
Video

Ini Janji-Janji Gibran Usai Resmi Sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo 2020

Sabtu, 14 Desember 2019
Video

Panen Koruptor di Jawa Barat

Sabtu, 14 Desember 2019