Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sindir MUI Jatim, Menteri Jokowi Ucapkan Salam Lintas Agama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 13 November 2019, 22:36 WIB
Sindir MUI Jatim, Menteri Jokowi Ucapkan Salam Lintas Agama
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar/Net
rmol news logo Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyinggung polemik MUI Jatim yang mengimbau pejabat tidak boleh mengucapkan salam lintas agama.

Saat menjadi pembicara dalam acara Rakornas Indonesia Maju di SICC Sentul, Jawa Barat, Halim justru membuka pembicaraanya dengan salam lintas agama.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua. Om swastiastu namo budaya salam kebajikan," ucap Halim di lokasi.

Halim menceritakan, dia sempat ditegur oleh pihak MUI Jatim mengenai hal tersebut secara langsung.

"Saya ngomong gini ada yang negur 'Pak Halim sampeyan orang Jatim kok salamnya lintas agama? Kan MUI Jatim mengimbau agar pejabat tidak gunakan salam lintas agama',” ungkapnya.

Dijelaskan, meski dirinya orang Jawa Timur, namun bukan menjadi bagian dari MUI. Sehingga tak perlu memenuhi pelarangan pengucapan salam lintas agama.

"Betul saya orang Jatim, tetapi saya enggak punya kartu anggota MUI. Yang saya punya kartu anggota NU," sambung Halim disambut tepuk tangan para peserta Rakornas Kapala Daerah dan Forkopimda.

Halim pun menyampaikan Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) tidak pernah melarang terkait penggunaan salam lintas agama dalam agenda resmi. Menurut Halim, itulah yang menjadi kenyamanan sebagai bagian dari anggota NU.

"NU membolehkan (salam lintas agama), itu enaknya jadi NU,” tandasnya disambut tepuk tangan ASN. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA