Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanpa India, RCEP Berubah Jadi Tantangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 19 November 2019, 14:43 WIB
Tanpa India, RCEP Berubah Jadi Tantangan
Menlu Retno Maarsudi/Net
rmol news logo Sebanyak 15 negara menyepakati Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dalam pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN di Bangkok pada awal bulan ini.

Diungkap oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, 15 negara tersebut mendorong agar RCEP dapat ditandatangani pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Namun, selain 10 negara ASEAN dan 5 negara mitra ASEAN, ada India yang dengan alasan persoalan dalam negeri menolak untuk ikut menyepakati RCEP.

Ketidakikutsertaan India, sambungnya, akan mempengaruhi RCEP. Bahkan menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, ketidakhadiran India juga akan mempengaruhi negosiasi perdagangan ke depan.

"Jika kita berbicara mengenai RCEP 16 (dengan India), maka kita akan berbicara 32,2 persen GDP (Gross Domestic Product) dunia. Kalau RCEP 15 (tanpa India), maka jadi 29,4 persen," jelas Retno.

Selain GDP, populasi dalam RCEP 16 juga akan mencapai hampir setengah populasi di dunia, yakni 47,4 persen. Sedangkan bila tanpa India hanya akan 29,4 persen mengingat India punya 1,43 miliar penduduk.

"Jadi ini yang akan menjadi tantangan," tambah Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA