Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Djayadi Hanan: Dua Kunci Partai Golkar Jadi Mesin Politik Unggul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 19 November 2019, 14:46 WIB
Djayadi Hanan: Dua Kunci Partai Golkar Jadi Mesin Politik Unggul
Peneliti LSI Djayahi Hanan (ketiga dari kiri)/RMOL
rmol news logo Sebagai partai besar, Golkar menjadi institusi politik yang menjadi perhatian banyak pihak termasuk kalangan peneliti. Jelang Munas pada 3-6 Desember mendatang, semua pegiat politik menaruh perhatian utama ke partai berlambang pohon beringin itu.

Menurut peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan, Partai Golongan Karya (Golkar) harus memiliki dua kunci untuk bergerak menjadi mesin politik yang handal.

"Pertama Golkar harus miliki jaringan politik yang terpadu dan disiplin," ujar Jayadi Hanan dalam diskusi di Jenggala Center, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (19/11).

Aspek kedua, kata Jayadi, Partai Golkar harus memiliki akar yang kuat di masyarakat dan loyalitas yang kuat juga dari suara konstituen.

Persoalan yang muncul, lanjutnya, adalah belum optimalnya dua kunci itu digunakan oleh Partai Golkar. Hal ini terbukti dari rekam jejak hasil Pemilu.

"Sejak tahun 2004-2019 itu (hasil Pemilu) gejalanya meningkat atau menurun? Kan ternyata menurun yang artinya dua hal itu belum berjalan dengan baik," jelasnya.

Meski harus segera dievaluasi, Jayadi menekankan bahwa persolan penggunaan dua kunci itu bukan hanya terjadi pada Partai berlambang beringin saja.


"Tetapi itu adalah bukan cuma Golkar, tetapi menjadi problem partai politik yang lain juga," tukasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA