Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dunia Penuh Konflik, Menlu Retno: Hati-hati, Ada Banyak Hotspot Di Kawasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 19 November 2019, 18:30 WIB
Dunia Penuh Konflik, Menlu Retno: Hati-hati, Ada Banyak Hotspot Di Kawasan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/RMOL
rmol news logo Saat ini, kita hidup di dunia yang tidak mudah di mana konflik lama semakin suram dan konflik baru terus bermunculan.

Meski Asia Tenggara masih dalam lingkup aman, tapi ada banyak hotspot yang harus diwaspadai.

Demikian peringatan yang disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Rapat Kerja Nasional dengan Kadin Indonesia, di Menara Kadin Indonesia, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Selasa (19/11).

"Di wilayah yang dekat dengan kita ada beberapa hotspot yang kita (harus) perhatikan terutama Laut China Selatan," tutur Retno seraya menjelaskan kepentingan nasional adalah melihat LCS yang stabil dan damai. Mengingat sepertiga jalur perdagangan dunia melalui wilayah ini dengan nilai lebih dari tiga triliun.

Selain LCS, hotspot lainnya yang diungkapkan oleh Menlu adalah kondisi pengungsi Rakhine State di Cox's Bazaar, di mana para pengungsi Rohingya tidak dapat direpatriasi yang berunjung pada rasa frustasi yang dialami pengungsi.

Jika para pengungsi frustasi dan dengan tekanan di kamp-kamp pengungsian, bukan tidak mungkin mereka akan mudah dipengaruhi oleh ideologi lain yang bisa mengarah ke radikalisme dan terorisme.

"Jika 1,1 juta orang menjadi radikal, bisa dibayangkan bagaimana keadaan wilaya kita, Indonesia?" pungkas Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA