Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN Tak Perlu Minta Restu Amien Rais Jika Ingin Punya Ketum Piawai Konsolidasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 20 November 2019, 02:17 WIB
PAN Tak Perlu Minta Restu Amien Rais Jika Ingin Punya Ketum Piawai Konsolidasi
Mantan Ketum PAN, Amien Rais/Net
rmol news logo Bursa pemilihan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) mulai menggeliat dengan kemunculan kandidat dari internal.

Setelah sebelumnya dikaitkan dengan nama-nama eksternal seperti Gatot Nurmantyo hingga Sandiaga Salahuddin Uno, kini bursa caketum PAN bakal diperebutkan sejumlah nama, seperti Zulkifli Hasan (petahana Ketum PAN), Dradjad Wibowo (Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN), Mulfachri Harahap (Wakil Ketum PAN), Hanafi Rais (Ketua Fraksi PAN di DPR), Asman Abnur (mantan Menteri PAN-RB), dan Bima Arya (Walikota Bogor).

Melihat dinamika PAN ini, pengamat politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe menilai positif.

Dengan beragamnya opsi caketum dari internal menandakan demokrasi dalam tubuh PAN berjalan baik.

"Semakin banyak politisi PAN yang maju justru semakin bagus proses demokrasi di PAN ketimbang bersifat aklamasi yang bisa mematikan nilai-nilai demokrasi dalam suatu partai," jelasnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (19/11).

Berdasarkan tradisi partai berlambang matahari ini, sesepuh sekaligus pendiri PAN, Amien Rais selalu memiliki peran penting dalam memilih nakhoda partai.

Restu Amin seakan-akan menjadi hal yang wajib dalam menentukan ketua umum partai yang telah berdiri sejak masa reformasi, tepatnya 23 Agustus 1998 silam.

Namun demi konsolidasi PAN ke depan, Ramses beranggapan restu dari mantan Ketua MPR RI era reformasi itu bukan menjadi harga mati.

"Biarkan dinamika internal mereka berkembang secara alami tanpa harus restu Amien Rais dalam konteks caktum. Dinamika alamiah itu justru menghasilkan kepemimpinan parpol yang mampu melakukan konsolidasi internal," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA