Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi II DPR Dukung Penuh Pemekaran Papua Tengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 20 November 2019, 13:54 WIB
Komisi II DPR Dukung Penuh Pemekaran Papua Tengah
Rapat Komisi II DPR/RMOL
rmol news logo Komisi II DPR dengan tegas memberikan mendukung penuh untuk rencana pemekaran provinsi baru Papua Tengah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan sebaran luasan wilayah Papua menjadikan daerah tersebut rawan terjadinya konflik, terutama yang beririsan dengan persoalan sosial.

"Penyelesaian Papua ini tidak ada lain adalah pendekatan peningkatan kesejahteraan dan penguatan ekonomi," ujar Doli di Ruang Rapat Komisi II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11).

"Dan untuk mempercepat proses peningkatan kesejahteraan dan ekonomi itu memang harus ada penyebaran sentra-sentra pelayanan publik, sentra-sentra aktivitas ekonomi itu," imbuhnya menjelaskan.

Lanjut Doli, dari beberapa pertemuan formal maupun informal, Komisi II DPR sepakat untuk mempercepat pemekaran Papua Tengah. Hal itu juga sudah disampaikan pada Kementerian Dalam Negeri.

"Kami selalu memprioritaskan supaya ada komunikasi yang intensif, informasi yang sama, apa yang berkembang di Jakarta dengan yang berkembang di Papua atau sebaliknya," katanya.

Politisi Partai Golkar ini pun meyakinkan tokoh-tokoh Papua bahwa pemekaran terus diproses. Kendati, masih berlalu moratorium atau pembentukan daerah otonomi baru (DOB).

"Kepentingan, kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan di Papua juga menjadi komitmen kami," tegas Doli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA