Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kabareskrim Jabatan Penting, Jenderal Idham Azis Harus Segera Cari Penggantinya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 20 November 2019, 17:55 WIB
Kabareskrim Jabatan Penting, Jenderal Idham Azis Harus Segera Cari Penggantinya
Jenderal Idham Azis saat dilantik jadi Kapolri 1 Nopember lalu/Net
rmol news logo Sejak Jenderal Idham Azis dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri pada 1 November 2019 lalu, posisi Kabareskrim hingga saat ini kosong. Terhitung sudah 20 hari, posisi tersebut belum jelas penggantinya.  

Sekretaris Jenderal Pergerakan Masyarakat Milenial (PMM), Mukhtar Ansori Attijani meminta kekosongan posisi Kabareskrim Mabes Polri harus segera diisi. Jenderal Idham Azis selaku Kapolri harus menempatkan sosok yang layak sesegera mungkin.

"Kabareskrim Mabes Polri harus segera di isi, adapun siapa sosok yang layak untuk mengisi posisi tersebut kita kembalikan ke Jenderal Pol Idham Azis selaku pemegang hak prerogatif dalam pengisian jabatan di kepolisian," kata Mukhtar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/11).

Mukhtar juga meminta Kapolri untuk selektif dan objektif dalam memilih penggantinya di Bareskrim. Dia juga menekankan basis dasar pemilihan Kabareskrim harus berdasarakan semangat kebangsaan dan persatuan.

Dia mewanti-wanti jangan sampai dalam memilih pejabat tinggi di institusi Korps Bhayangkara itu ada kaitan antara jabatan dengan faktor suku agama ras dan antar golongan.

"Kapolri pasti akan selektif dan objektif dalam memilih calon Kabareskrim, tentunya dengan melihat Track record. Kita menolak keras ketika ada faktor-faktor yang berkaitan dengan SARA ( Suku Agama dan ras )," pungkasnya.  

Ada beberapa nama yang digadang-gadang menjadi calon pengganti Idham Azis di kabareskrim. Di antaranya, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono dan Asisten Operasi (Asops) Polri, Irjen Martuani Sormin. Selain itu ada nama lain yang dinilai pantas meneruskan Idham Azis, yakni Kadiv Propam, Irjen Listyo Sigit Prabowo.

Di Polri saat ini, setidaknya ada 11 Pati Polri yang berpangkat Komjen baik yang berada di jabatan struktural Polri maupun di luar. Adapun yang berada di dalam struktural yakni Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto yang pensiun pada 23 Desember 2019. Lalu Irwasum Komjen Moechgiyarto, pensiun 25 Mei 2020.

Nama jenderal bintang tiga lainnya, yaitu Kabarhakam Polri Komjen Condro Kirono, pensiun 12 Desember 2019 dan Kabaintelkam Polri Komjen Agung Budi Maryoto, pensiun 19 Februari 2023. Kalemdikpol Polri Komjen Arief Sulistyanto yang akan pensiun 24 Maret 2023. Ada juga beberapa nama lainnya, KOmjen M Iriawan, Komjen Suhardi Alius dan beberapa jenderal bintang tiga lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA