Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Partai Gelora Terus Lakukan Gerilya, PKS Kudu Lebih Waspada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 21 November 2019, 13:10 WIB
Partai Gelora Terus Lakukan Gerilya, PKS Kudu Lebih Waspada
Partai Gelora bisa jadi ancaman tersendiri bagi PKS di Jawa Barat/RMOLJabar
rmol news logo Gerilya politik yang dilakukan Partai Gelora (Gelombang Rakyat) besutan Anis Matta dan Fahri Hamzah di Jawa Barat harus jadi pantauan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Karena Partai Gelora dianggap memiliki magnet kuat bagi kader-kader muda PKS, khususnya yang berada di Tanah Pasundan.

Hal tersebut dikemukakan pengamat politik Adiyana Slamet. Menurut Adiyana, saat ini partai-partai politik sedang mengalami kemerosotan dalam hal manajemen kader. Hingga akhirnya menyulut konflik dan perpecahan di tubuh partai, termasuk di PKS.

"Fakta hari ini bahwa lagi-lagi partai mengalami kemunduran, kegagalan kepemimpinan, tidak bisa mengelola kader di bawah sehingga berimplikasi munculnya konflik. Jika konflik terjadi, perpecahan di tubuh partai tak bisa dihindarkan, termasuk PKS," kata Adiyana kepada Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (20/11).

"Kalau kita melihat di Jawa Barat, memang gerbongnya Anis Matta dan Fahri Hamzah di tingkatan anak-anak muda sangat menarik (untuk kaum muda bergabung). Termasuk simpatisan-simpatisan PKS tentunya," imbuh Adiyana.

Lebih lanjut Adiyana mengatakan, PKS harus sangat hati-hati dengan gerilya politik Partai Gelora.

"PKS itu harus hati-hati betul, perpecahan yang terjadi pasti akan membawa implikasi terbelahnya konstituen di bawah. Kalau tidak di-manage dengan baik oleh PKS, kader mudanya akan lari ke Gelora. Fahri ini kan KAMMI. Kalau berbicara KAMMI hari ini juga terbelah, kebanyakan ke Fahri Hamzah," ujar Adiyana.

Masih kata Adiyana, dirinya melihat ada dua hal yang membuat Gelora lebih menarik ketimbang PKS. Pertama Partai Gelora lebih moderat. Kedua, partai ini dapat lebih mengakomodir kader muda.

"Secara ideologis lebih moderat yang mengikuti perkembangan zaman, platform partainya tidak sekaku kubu sebelahnya (PKS). Kubu sebelahnya ini kan terkesan tradisionalis, saklek, dan sayap kanan. Karena modernis sehingga anak-anak muda juga merasa terakomodir," lanjutnya.

"Perkembangan dinamika politik di Indonesia ini tidak bisa menarik kader itu dengan cara-cara tradisional. Secara psikologis kader-kader muda ini kan ingin lebih dianggap, gagasannya diakomodir. Inilah yang melatarbelakangi kader-kader muda PKS di tingkatan grassroot pindah ke Partai Gelora. Asalkan elite-elite Gelora ini dalam menyampaikan pesan-pesan politiknya harus luwes," tambah Adiyana.

Menambahkan pandangan Adiyana, pengamat IDEA Institute Tofan R Zaky menyatakan, PKS tak cukup hanya melakukan perang opini untuk membendung gerilya Partai Gelora. Kata Tofan, sangat wajar jika ada elite PKS yang  terkesan panik dalam memberikan pernyataan-pernyataan terkait Partai Gelora.

"Saya kira PKS tak cukup hanya mengeluarkan narasi-narasi atau opini liar untuk membendung gerilya Partai Gelora. Wajar juga jika elite-elite PKS panik melihat pergerakan Partai Gelora. Ini karena Fahri dan Anis Matta dianggap mengetahui betul kelebihan maupun kelemahan PKS. Termasuk di tataran bawah. Saya kira dengan berpindahnya kader-kader muda potensial  akan cukup menjadi pukulan telak untuk PKS. Utamanya di Jawa Barat," kata Tofan.

Partai Gelora juga dianggap sebagai magnet bagi kaum muda yang ingin menyalurkan aspirasinya. Terlebih kader-kader muda PKS.

"Saya kira dengan platform yang cukup menarik, mau mengakomodir semua kubu kanan, tengah dan kiri, Partai Gelora akan cepat menjaring kader, terutama kader-kader dari PKS yang sudah sedikit banyak mengetahui sepak terjang duo Anis Matta dan Fahri Hamzah," imbuh Tofan.

"Fahri juga representasi dari politisi yang sangat faham apa yang diinginkan kaum muda ini. Saya prediksi Partai Gelora tak butuh waktu lama untuk menguasai kantong-kantong konstituen PKS, di Jabar khususnya," pungkas Tofan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

  • TAGS

ARTIKEL LAINNYA