Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KONGRES PAN

Mulfachri Hanya Umpan, Zulkifli Hasan Dan Dradjad Wibowo Bakal Bersaing Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Kamis, 21 November 2019, 15:24 WIB
Mulfachri Hanya Umpan, Zulkifli Hasan Dan Dradjad Wibowo Bakal Bersaing Ketat
Dradjad-Amien-Hanafi/Net
rmol news logo Dari enam nama yang digadang-gadang sebagai calon Ketua Umum PAN pada Kongres PAN tahun 2020, hanya ada dua yang diyakini bersaing ketat.

Yaitu, petahana Ketum PAN Zulkifli Hasan dan politisi senior PAN Dradjad Wibowo.

Demikian disampaikan pemerhati politik sekaligus Direktur Mahara Leadership, Iwel Sastra kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (21/11).

Bagaimana dengan Mulfachri Harahap yang juga disebut-sebut berpeluang menjadi calon ketum. Menurut Iwel, Mulfachri hanya umpan dari Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan.

"Mereka ini dekat dan akrab, Mulfachri didorong bagian dari strategi Zulhas. Zulhas sendiri terlihat masih pingin," ujar Iwel.

Bukti keinginan Zulhas, dia masih tetap ambil wakil ketua MPR walaupun periode sebelumnya dia sudah menjabat ketua di lembaga permusyawaratan rakyat.

Indikator lain, selain masih muda dan besanan dengan sesepuh PAN Amien Rais, Zulhas juga masih sering konsolidasi ke daerah-daerah. Dia juga diketahui mempunyai hubungan yang baik dengan kekuasaan Presiden Joko Widodo.

"Jadi kans Zulhas masih besar," ucap Iwel.

Lalu bagaimana dengan peluang Dradjad yang saat ini menjabat Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN. Analisa Iwel, sebagai politisi senior di PAN, Dradjad sangat populer, punya kapasitas dan memiliki ketokohan.

Dradjad juga dikenal sangat dekat dengan Amien Rais. Di kalangan sebagian internal, dia dijuluki sebagai "murid", pembela dan loyalis Amien sejak lama.

"Ingat, di PAN faktor Amin Rais masih jadi penentu. Jadi jika Amien dukung Dradjad, peluangnya besar," terang Iwel.

Dradjad juga diuntungkan dengan tradisi di internal PAN, yaitu tidak ada ketua umum yang menjabat dua periode.

Amien adalah salah satu pendiri PAN sekaligus ketum pertama. Dan sejarah mencatat, calon ketum yang didorong Amien pasti akan jadi.

Dengan demikian, lanjut Iwel, para calon ketum harus meminta restu Amien di luar menjaring kekuatan dan dukungan pengurus partai di daerah.

Hingga saat ini, baru ada enam nama yang digadang-gadang sebagai calon Ketum PAN pada Kongres V PAN Maret 2020.

Mereka adalah, Zulkifli Hasan (petahana Ketum PAN), Dradjad Wibowo (Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN), Mulfachri Harahap (Wakil Ketum PAN), Hanafi Rais (Ketua Fraksi PAN di DPR), Asman Abnur (mantan Menteri PAN-RB), dan Bima Arya (Walikota Bogor). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA